Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Nilai-Nilai Aswaja pada Siswa Kelas VII di MTs Almaarif 01 Singosari Kabupaten Malang
Abstract
Pendidikan saat ini perlu ditanamkan norma-norma agama dan nilai-nilai aswaja agar peserta didik tidak terjerumus dalam pergaulan yang menyimpang. Dalam hal ini guru memiliki peranan yang sangat penting dalam pengimplementasian nilai-nilai aswaja kepada peserta didik agar mampu bergaul dengan baik tanpa mengesampingkan norma-norma agama. Ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah disingkat ASWAJA dianggap sesuai dengan Islam Indonesia. Karena didalmanya terdapat prinsip-prinsip atau nilai-nilai Tawassuth (moderat), Tasamuh (toleran), Tawazun (seimbang), dan I’tidal (tegak lurus) serta Amar Ma’ruf Nahi Munkar (menyerukan kebaikan menjauhi larangan).
Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang (1) Bagaimana perencanaan guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai aswaja dalam pembelajaran aqidah akhlak pada siswa kelas VII di MTs Almaarif 01 Singosari? (2) Bagaimana bentuk penerapan pembelajaran aqidah akhlak berbasis nilai-nilai aswaja pada siswa kelas VII di MTs Almaarif 01 Singosari? (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat serta kelebihan dan kekurangan dari penerapan nilai-nilai aswaja dalam pembelajaran aqidah akhlak pada siswa kelas VII di MTs Almaarif 01 Singosari?
Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai aswaja dalam pembelajaran aqidah akhlak pada siswa kelas VII di MTs Almaarif 01 Singosari. (2) Untuk mendeskripsikan bentuk penerapan pembelajaran aqidah akhlak berbasis nilai-nilai aswaja pada siswa kelas VII di MTs Almaarif 01 Singosari. (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat serta kelebihan dan kekurangan dari penerapan nilai-nilai aswaja dalam pembelajaran aqidah akhlak pada siswa kelas VII di MTs Almaarif 01 Singosari.
Pendekatan penelitiannya adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah Observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang implementasi pembelajaran aqidah akhlak berbasis nilai-nilai pada siswa kelas VII di MTs Almaarif 01 Singosari, sebagai berikut: (1) perencanaan guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai aswaja dalam pembelajaran aqidah akhlak pada siswa kelas VII di MTs Almaarif berasal dari modul yayasan Almaarif dan menggunakan kurikulum 2013 kemudian dalam pengembangannya dibuatkan silabus serta rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) oleh guru, lalu dibuatkan juga kegiatan-kegiatan pembiasaan rutin disetiap harinya di sekolah. (2) Implementasi pembelajaran aqidah akhlak berbasis nilai-nilai pada siswa kelas VII di MTs Almaarif 01 Singosari dilakukan dengan menggunakan beberapa metode. Nilai-nilai Aswaja yang dimaksud adalah nilai Tasamuh, Tawasuth (moderat), I’tidal (adil), Amar ma’ruf Nahi Munkar dan Tawazun (seimbang). Pengimplementasian nilai-nilai tersebut digunakan dengan beberapa metode, antara lain: a) Metode Pemahaman, b) Metode Pembiasaan, c) metode keteladanan (Uswatun Khasanah). (3) Faktor pendukung dan penghambat serta kelebihan dan kekurangan yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran aqidah akhlak berbasis nilai-nilai pada siswa kelas VII di MTs Almaarif 01 Singosari antara lain: faktor pendukung, lingkungan belajar atau pendidikan tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Faktor Penghambat, a) pergaulan diluar sekolah, b) kurangnya komunikasi dengan orang tua, c) kurangnya motivasi dan minat dalam belajar. Kelebihan, adanya kegiatan pembiasaan yang diterapkan pada siswa. Kekurangan, keterampilan personal siswa dalam menerima materi guru.
Kata Kunci: Implementasi, Aswaja, Pembelajaran Aqidah Akhlak