Strategi Guru PAI di dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN Pasirian Lumajang
Abstract
Strategi guru merupakan pendekatan umum mengajar yang berlaku dalam berbagai bidang materi dan digunakan untuk memenuhi berbagai tujuan pembelajaran yang ada di sekolahan, Oleh sebab itu, manakalah rangkaian strategi guru harus terdapat kandungan materi yang beraviliasi pada prinsip nilai perubahan karakter siswa.
Pembelajaran pendidikan Agama Islam di sekolah SMKN pasirian lumajang, sebagian besar dari siswa kurang bisa untuk membaca al-Qur’an secara baik dan benar, penguasaan materi yang siswa miliki sangat minim, di samping dengan kurangnya sopan santun dikalangan siswa. Dalam proses belajar mengajar siswa kurang bersemangat bahkan terkesan mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam karena terpaksa. Fokus penelitian dalam pembahasan skripsi yang diajukan yaitu Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran PAI di SMKN Pasirian Lumajang.
Dalam penelitian ini, penulis mengunakan pendekatan kualitatif yaitu descriptive research (peneltian deskriptif) dengan mengunakan jenis penelitian studi kasus. Dalam mengunakan metode diskriptif, penelitian dapat mempelajari dan memahami keadaan serta kondisi suatu objek melalui interpretasi yang tepat melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini kemudian menghasilkan data dan selanjutnya dianalisis kembali untuk menghasilkan sebuah teori dengan mengunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Yang mana sumber data primer dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru mata pelajaran PAI, dan waka kurikulum di SMKN Pasirian Lumajang. Sedangkan untuk sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh untuk menjadi pelengkap atau pendukung dari data primer baik itu dari sumber internal maupun sumber eksternal yang dapat dijadikan sebagai pendukung informasi dan penunjang penelitian.
Hasil penelitian yang pertama perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN Pasirian Lumajang menggunakan metode antara lain: 1) RPP (Rencana Pelaksaan Pembelajaran), 2) Program Semester, 3) Progam Tahunan (Evaluasi atau Penilaian) 4) Silabus. Perencanaan pembelajaran sangat penting karena sebagai alat pemandu bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, oleh sebab itu perencanaan haruslah lengkap, sistematis mudah diaplikasikan namun fleksibel dan akuntabel. Kedua pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN Pasirian Lumajang, metode yang digunakan oleh guru PAI sangatlah berfariasi, adapun beberapa metode yang telah direncakan oleh guru PAI antara lain: metode ceramah, demontrasi, tanya jawab, diskusi, simulasi, dan pemberian tugas. Selain itu terdapat juga metode latihan yaitu guru agama Islam memerintahkan kepada siswa untuk membacakan ayat-ayat yang sedang dipelajari secara bergiliran atau bergantian yang dituntun oleh guru. Ketiga evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN Pasirian Lumajang yaitu dengan mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang baru saja dipelajari. Guru agama Islam memberikan pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa secara langsung. Tidak hanya itu, guru agama Islam juga membuat soal tertulis yang dijawab oleh siswa sebagai bentuk evaluasi diakhir pembelajaran. Setelah proses pembelajaran akan berakhir guru agama Islam memberitahukan materi yang akan dibahas berikutnya, kemudian memberikan tugas rumah dan mengakhiri pembelajaran.
Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam