Pemanfaatan Video Interaktif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas X SMA Negeri 2 Malang
Abstract
Ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus mengalami kemajuan akan selalu mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi, khususnya dalam bidang pendidikan. Berbagai perkembangan teknologi informasi memungkinkan setiap guru bisa menggunakan berbagai pilihan media yang dianggap cocok. Banyak pilihan ide-ide pembelajaran yang bisa diterapkan dengan bantuan teknologi, salah satu pemanfaatan hasil teknologi dalam bidang pendidikan adalah penggunaan video interaktif dalam proses pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran video interaktif siswa lebih tertarik dan termotivasi untuk melakukan kegiatan belajar apabila dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan video interaktif.
Namun, sangat disayangkan masih banyak siswa-siswi yang tidak memiliki motivasi dalam melaksanakan pembelajaran, karena keterbatasan alat dan waktu. Masih ada beberapa siswa-siswi yang beralasan tidak mempunyai kuota internet ataupun gawai yang tidak mendukung untuk mengakses media yang disampaikan oleh guru. Pada pandemi covid-19 sebagian siswa siswi membantu orang tua untuk bekerja, sehingga waktunya tersita uuntuk hal tersebut. Hal ini akan berdampak pada hasil pembelajaran yang tidak maksimal. Kondisi ini dipicu oleh minimnya kemampuan guru dalam memilih atau menggunakan media pembelajaran. Hal ini karena fungsi media memiliki peran yang begitu penting dalam memotivasi siswa dalam pembelajaran.
Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang (1) Bagaimana karakteristik video interaktif yang tepat terhadap motivasi dan hasil belajar siswa selama pandemi covid-19 pada pembelajaran PAI dan budi pekerti kelas X SMA Negeri 2 Malang? (2) Bagaimana hasil dari pemanfaatan video pembelajaran interaktif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa selama pandemi covid-19 pada pembelajaran PAI dan budi pekerti kelas X SMA Negeri 2 Malang?
Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan karakteristik video interaktif yang tepat terhadap motivasi dan hasil belajar siswa selama pandemi covid-19 pada pembelajaran PAI dan budi pekerti Kelas X SMA Negeri 2 Malang (2) Mengetahui hasil dari pemanfaatan video interaktif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa selama pandemi covid-19 pada pembelajaran PAI dan budi pekerti kelas X SMA Negeri 2 Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan tempat penelitian di SMA Islam Hasyim Asy’ari Batu. Pengumpulan data dilakukan antara lain dengan mengunakan metode observasi, wawancara serta metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan cara tringulasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang pemanfaatan video interaktif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa selama pandemi covid-19 pada pemebelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas X SMA Negeri 2 Malang, sebagai berikut: (1) Karakteristik video interaktif yang tepat terhadap motivasi dan hasil belajar siswa yakni video interaktif yang dapat memudahkan siswa dan guru selama proses pembelajaran. video yang bersifat sederhana, tetapi bisa memberikan suatu panduan kepada siswa siswi untuk mengikuti materi-materi pembelajaran. Adanya video interaktif menuntut kreatifitas, inovasi dan kiat guru dalam mendesain video interaktif yang baik dan tepat agar dapat memancing semangat belajar siswa. Dengan menggunakan media pembelajaran video interaktif proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan juga siswa-siswi mendapatkan pengalaman baru dan lebih bersemangat dalam proses pembelajaran. (2) Di SMA Negeri 2 Malang pemanfaatan video interaktif ini terbilang cukup efektif karena selama pembelajaran daring seluruh Guru PAI dan Budi Pekerti sudah memanfaatkan media pembelajaran video interaktif ini. Selama penggunaan media pembelajaran video interaktif para guru mengakui adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa, namun peningkatan tersebut menurutnya tidak terlalu signifikan. Selama penggunaan media pembelajaran video interaktif siswa cenderung lebih antusias dan semangat mengikuti proses pembelajaran, sehingga dengan keantusiasan tersebut menjadi salah satu faktor meningkatnya motivasi dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: