Pengaruh Implementasi Metode Yanbu’a Terhadap Keterampilan Baca Tulis Al-Qur’an pada Mata Pelajaran Al-Quran Science Kelas X SMA di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Pasuruan.

Show simple item record

dc.contributor.author Maiddah, Nur
dc.date.accessioned 2022-08-01T04:32:57Z
dc.date.available 2022-08-01T04:32:57Z
dc.date.issued 2022-06-17
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4508
dc.description.abstract Metode Yanbu’a merupakan salah satu metode panduan baca tulis Al-qur’an yang disusun berdasarkan tingkat pembelajarannya yang diawali dari mengetahui, membaca, menulis huruf hijaiyah, serta memahami kaidah membaca Al-qur’an yang baik dan benar. Pada era globalisasi yang disebut juga perkembangan zaman ternyata masih banyak temukan di berbagai lembaga formal maupun non formal yang menggunakan metode klasik dalam proses pembelajaran baca tulis Al-qur’an. Artinya, banyak lembaga yang masih belum menerapkan metode yanbu’a terhadap keterampilan baca tulis Al-qur’an, guru bukan hanya menguasai materi akan tetapi juga harus menguasai segala aspek yang berhubungan dengan metode atau strategi pada proses pengimplementasian yang akan sangat menunjang keberhasilan dalam pengaruh metode yanbu’a terhadap baca tulis Al-qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat efektivitas penerapan metode yanbu’a, untuk mengetahui tingkat efisiensi baca tulis Al-qur’an dan pengaruh metode yanbu’a terhadap kemampuan baca tulis Al-qur’an siswi kelas X pada mata pelajaran Al-qur’an Science di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Pasuruan. Agar bisa menjawab tujuan penelitian di atas maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasi, sehingga dengan metode ini dapat mengetahui ada tidaknya pengaruh antar variabel yang diteliti. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode yanbu’a secara parsial terhadap keterampilan baca tulis Al-qur’an. Kata Kunci: Implementasi Metode Yanbu’a, Keterampilan Baca Tulis Al-Qur’an, Al-qur’an Science en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Implementasi Metode Yanbu’a en_US
dc.subject Keterampilan Baca Tulis Al-Qur’an en_US
dc.subject Al-qur’an Science en_US
dc.title Pengaruh Implementasi Metode Yanbu’a Terhadap Keterampilan Baca Tulis Al-Qur’an pada Mata Pelajaran Al-Quran Science Kelas X SMA di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Pasuruan. en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account