dc.description.abstract | Metode Yanbu’a merupakan salah satu metode panduan baca tulis Al-qur’an yang disusun berdasarkan tingkat pembelajarannya yang diawali dari mengetahui, membaca, menulis huruf hijaiyah, serta memahami kaidah membaca Al-qur’an yang baik dan benar.
Pada era globalisasi yang disebut juga perkembangan zaman ternyata masih banyak temukan di berbagai lembaga formal maupun non formal yang menggunakan metode klasik dalam proses pembelajaran baca tulis Al-qur’an. Artinya, banyak lembaga yang masih belum menerapkan metode yanbu’a terhadap keterampilan baca tulis Al-qur’an, guru bukan hanya menguasai materi akan tetapi juga harus menguasai segala aspek yang berhubungan dengan metode atau strategi pada proses pengimplementasian yang akan sangat menunjang keberhasilan dalam pengaruh metode yanbu’a terhadap baca tulis Al-qur’an.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat efektivitas penerapan metode yanbu’a, untuk mengetahui tingkat efisiensi baca tulis Al-qur’an dan pengaruh metode yanbu’a terhadap kemampuan baca tulis Al-qur’an siswi kelas X pada mata pelajaran Al-qur’an Science di Pondok Pesantren Bayt Al-Hikmah Pasuruan.
Agar bisa menjawab tujuan penelitian di atas maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasi, sehingga dengan metode ini dapat mengetahui ada tidaknya pengaruh antar variabel yang diteliti. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode yanbu’a secara parsial terhadap keterampilan baca tulis Al-qur’an.
Kata Kunci: Implementasi Metode Yanbu’a, Keterampilan Baca Tulis Al-Qur’an, Al-qur’an Science | en_US |