Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Konsep Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMA Almaarif Singosari Malang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa berfikir kritis menjadi acuan dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Maka dengan adanya hal itu peningkatan kemampuan berfikir kritis terhadap siswa perlu dibentuk sejak dini. Karena selain sebagai acuan dalam keberlangsungan tujuan pembelajaran untuk mencapai prestasi, berfikir kritis juga akan menjadi cikal bakal bagi peserta didik dalam menghadapi permasalahan di kehidupan nyata. Maka dari itu, pendidik juga harus menerapkan strategi pembelajaran yang mengacu pada berfikir kritis dengan konsep Higher Order Thinking Skills (HOTS).
Dalam penelitian ini difokuskan pada tiga fokus masalah, yaitu: (1) Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis melalui konsep HOTS di SMA Islam Almaarif Singosari Malang? (2) Bagaimana upaya dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis melalui konsep HOTS di SMA Islam Almaarif Singosari Malang? (3) Bagaimana konsep dari HOTS untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis di SMA Islam Almaarif Singosari Malang? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis melalui konsep HOTS di SMA Islam Almaarif Singosari Malang (2) Mengidentifikasi upaya untuk meningakatkan kemampuan berfikir kritis melalui konsep HOTS di SMA Islam Almaarif Singosasi (3) Mengidentifikasi konsep HOTS di SMA Islam Almaarif Singosari
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif adalah bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah dalam jenis penelitian yang dilaksanakan. Dalam penelitian teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: pertama, guru PAI dalam menentukan strategi untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis bagi siswa yang diarahkan ke konsep HOTS yaitu dengan adanya perencanaan seperti pembuatan RPP yang mengarah ke konsep HOTS, implementasi pembelajaran untuk berfikir kritis siswa, dan evaluasi terhadap siswa dan pembelajaran. Kedua, upaya dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis yaitu pemberian tugas yang melibatkan siswa berfikir kritis, siswa da pat melakukan kerjasama antar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Ketiga, konsep dari HOTS yaitu berfikir kritis, berfikir kreatif, dan adanya pemecahan masalah (problem solving) dan pembuatan keputusan.
Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Berfikir Kritis, HOTS