dc.description.abstract | Dengan adanya pengaruh negatif dari globalisasi telah serta merta memunculkan permasalahan rumit dalam dunia pendidikan di negara Indonesia, sehingga dibutuhkan peningkatan pendidikan sebagai upaya mengantisipasi perubahan global. Salah satu upaya mengantisipasi adalah dengan cara menyekolahkan anak di sekolah yang berbasis pesantren salah satunya di MA Mu’allimat kota Malang yang mana di sekolah tersebut mempunyai program unggulan yaitu program Tahfidzul qur’an. Pada hasil observasi di sekolah MA Mu’allimat kota Malang ditemukan situasi terkait karakter siswa saat mengikuti proses belajar mengajar, terlihat siswa belum mempunyai sikap yang baik, Dengan ini sangat diharapkan adanya program Tahfidzul qur’an dapat melatih sikap dan karakter yang baik melalui penerapan sikap baik yang telah dipaparkan di dalam kitab suci Al-qur’an.
Berdasarkan konteks penelitian diatas, maka fokus masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana kondisi karakter siswa yang mengikuti program Tahfidzul qur’an di MA Mu’allimat Kota Malang? (2) Bagaimana proses penerapan pendidikan kareakter melalui program Tahfidzul qur’an di MA Mu’allimat Kota Malang? (3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung di dalam pembinaan pendidikan karakter melalui program Tahfidzul qur’an di MA Mu’allimat Kota Malang?
Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis: (1) Menganalisa karakter siswa yang mengikuti program tahfidz di MA Mu’allimat Kota Malang. (2) Mengkaji proses pembentukan karakter melalui program Tahfidzul qur’an di MA Mu’allimat Kota Malang. (3) Mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pembinaan pendidikan karakter melalui program Tahfidzul qur’an di MA Mu’allimat Kota Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan tempat penelitian di MA Mu’allimat Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan antara lain dengan metode observasi, wawancara dan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara merangkum data yang penting kemudian ditarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan wawancara mendalam, pengamatan lebih lama, diskusi teman sejawat dan tringulasi.
Berdasakan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwasanya pembinaan karakter di MA Mu’allimat menghasilkan sikap tekad yang kuat, istiqomah, disiplin, Amanah dan juga menjaga kebersihan dan hal ini diterapkan melalui pembiasaan dan juga keteladana. Tentang pembinaan pendidikan karakter melalui program tahfidzul qur’an Di MA Mu’allimat Kota Malang sebagai berikut: (1) Kondisi karakter siswa yang mengikuti program Tahfidzul qur’an di MA Mu’allimat Kota Malang yang mana dari siswa kelas 10 sampai kelas 12 berbeda-beda dikarenakan proses dalam melakukan pembinaan karakter melalui program tahfidz juga berbeda-beda. (2)proses penerapan pendidikan karakter melalui program Tahfidzul qur’an sebagai berikut: (a)Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pembiasaan dan keteladanan. (b) Metode yang digunakan yaitu metode muroja’ah, setor hafalan, saling menyimak antar teman. (c) Model yang digunakan adalah model pendampingan. (d) Penerapan pendidikan karakter melalui progam tahfidz Al-qur’an di Madrasah Mu’allimat yaitu dengan membudidayakan sikap yang disiplin, bertanggung jawab, mandiri. Selain itu juga ditunjang dengan adanya kegiatan membaca Al-qur’an dan kajian kitab yang dilaksanakan rutin yang dapat membentuk karakter individu menjadi baik. (3)faktor pendukung dan penghambat didalam pembinaan pendidikan karakter melalui program Tahfidzul qur’an di MA Mu’allimat kota malang .Faktor pendukung. (a)Dukungan dari keluarga, baik orangtua, kakak dan saudara (b)Lingkungan (c)Dari diri. Faktor penghambat, Kebanyakan Sebagian siswa memiliki sikap percaya diri yang rendah dalam melaksanakan proses menghafal.
Kata kunci: Pembinaan, Pendidikan Karakter, Tahfidzul qur’an. | en_US |