Korelasi Tingkat Penalaran dengan Keterampilan Menulis Teks Persuasi Iklan Makanan Mahasiswa Semester Enam Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Islam Malang
Abstract
Penalaran merupakan suatu tindakan penggunaan logika dalam berpikir
untuk menghubung-hubungkan suatu gagasan, ide, bukti, fakta atau petunjuk
untuk ditarik menjadi sebuah kesimpulan. Penalaran sangat erat hubungannya
dengan proses menulis karena dalam proses menulis seorang penulis harus
mampu menyampakian pendapat atau gagasan yang ingin disampikan kepada
pembaca oleh karena itu penulis harus menggunakan penalarannya dalam
menulis.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam
tingkat bernalar dengan menulis teks persuasi. Subjek penelitian ini adalah
mahasiswa semester enam Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas
Isalam Malang. Teks persuasi dalam penelitian ini adalah teks persuasi iklan
makanan. Populasi adalah wilayah generalisasi subjek/objek yang memiliki
kulaitas dan karakteristik tertentu yang diterapkan peneliti untuk mempelajari
beberapa hal dan disimpulkan. sampel adalah sebagaian dari populasi yang akan
diteliti. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Simple
Random Sampling, yakni secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi.
Peneliti memilih Simple Random Sampling dengan jumlah 30 mahasiswa secara
acak dari ke empat kelas dan ingin mengatehui potensi berpikir mahasiswa tanpa
memperhatikan tingkatan prestasi mahasiswa.
Data yang dianalisis berjumlah tiga puluh teks persuasi. Sebelum masuk
pada teknik pengamblan data penelitian ini juga menghitung reliabilitas dan
validitas untuk tes penalaran. Reliabilitas dan validitas digunakan untuk
menghitung seberapa ajeg sebuah soal yang digunakan untuk tes, sehingga tes
tersebut dapat dikatakan layak dan dapat digunakan untuk tes pengambilan data.
Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Korelasi
Product Moment terhadap variable bebas yakni Tingkat Penalaran (X) dan
variable terikat yakni Keterampilan Menulis Teks Persuasi Iklan Makanan (Y).
Teknik korelasi secara product moment dipilih karena dalam penelitian ini
melakukan tes dengan cara pengujuian yang sama tes dengan tes.
vii
Hasil penelitian ini menujukan bahwa tingkat penalaran dari mahasiswa
semester enam Penididkan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah 27% mahasiswa
mendapat nilai yang sangat baik, 33% mahasiswa dalam kategori yang baik 20%
dalam kategori cukup dan 20% dalam ketegori kurang. Untuk keterampilan
menulis mahasiswa yang mendapat nilai baik sekali memiliki persentase 20%,
50% dalam ketegori baik, 20% dalam ketegori cukup dan 10% dalam ketegori
kurang. Untuk Hasil Korelasi dari tingkat penalaran dengan keterampilan menulis
adalah 0,956 > 0,349 lebih besar dari pada tebel