Pengaruh Agresivitas Pajak dan Transparansi Informasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2018-2020)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh agresivitas pajak dan transparansi terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020 pada halaman www.idx.go.id. Penelitian ini akan dilakukan pada bulan Oktober 2021 sampai selesai. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018 sampai dengan tahun 2020. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan metode purposive sampling, dengan kriteria yang telah ditentukan, sehingga diperoleh 20 sampel. Hasil penelitian menyatakan bahwa agresivitas pajak dan transparansi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, agresivitas pajak berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan transparansi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: Nilai Perusahaan, Agresivitas Pajak dan Transparansi Laporan Keuangan