Analisis Faktor Religiositas, Pengetahuan Ekonomi Syariah, dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Investasi Saham Syariah pada Mahasiswa Akuntansi (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi di Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh faktor religiositas, pengetahuan ekonomi syariah, dan motivasi invetasi terhadap minat investasi saham syariah pada mahasiswa akuntansi. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa akuntansi angkatan 2018 di Universitas Islam Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim dan Universitas Muhammadiyah Malang yang mempunyai rekening dana nasabah (RDN). Metode pengambilan sampel dengan purposive sampling sehingga didapat sampel sebanyak 100 orang responden yang telah memenuhi kriteria sampel. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 16.0 sebagai alat analisis pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel religiositas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi saham syariah. Variabel pengetahuan ekonomi islam secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi saham syariah. Variabel motivasi investasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi saham syariah. Variabel religiositas, pengetahuan ekonomi syariah, dan motivasi investasi secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap minat investasi saham syariah.
Kata Kunci: Religiositas, Ekonomi syariah, Motivasi, Investasi, Saham syariah