Show simple item record

dc.contributor.authorHidayah, Nurul
dc.date.accessioned2022-08-01T05:41:56Z
dc.date.available2022-08-01T05:41:56Z
dc.date.issued2022-07-08
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4555
dc.description.abstractCIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) termasuk strategi pembelajaran kooperatif. Strategi pembelajaran ini diterapkan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan membaca dan menulis siswa. Strategi pembelajaran CIRC cocok diterapkan pada pembelajaran bahasa karena dalam kegiatan pembelajarannya memiliki inti kegiatan membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap keterampilan membaca dan menulis Siswi kelas 1 MI Attaraqqie Putri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Design. Variabel terikat pada penelitian ini adalah strategi pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan variabel bebas pada penelitian ini adalah keterampilan membaca dan menulis. Sampel penelitian ini terdiri dari 72 siswa, dimana kelas kontrol terdiri dari 36 siswa (kelas 1A), dan kelas eksperimen terdiri dari 36 siswa (kelas 1B). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T yang digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan strategi pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca dan menulis siswa kelas 1. Berdasarkan hasil teknik analisis uji T diperoleh hasil nilai t hitung 4,784 > 1,99495 maka dinyatakan bahwa hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Dan pada hasil posttest menunjukkan tingkat kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan sebanyak 10%, tingkat kemampuan menulis siswa mengalami peningkatan sebanyak 10%, dan nilai pengetahuan siswa mengalami peningkatan sebanyak 9%. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan strategi pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca dan menulis siswa kelas 1. Diketahui bahwa strategi pembelajaran CIRC ini memiliki pengaruh terhadap keterampilan membaca dan menulis. Sehingga peneliti berharap bahwa jika guru ingin melatih dan mengembangkan keterampilan membaca dan menulis siswa, dapat menerapkan strategi pembelajaran CIRC ini. Kata Kunci : CIRC, Membaca, Menulis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.subjectCIRCen_US
dc.subjectMembacaen_US
dc.subjectMenulisen_US
dc.titlePengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Siswi Kelas 1 di MI Attaraqqie Putri Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record