Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Siswi Kelas 1 di MI Attaraqqie Putri Malang
Abstract
CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) termasuk strategi pembelajaran kooperatif. Strategi pembelajaran ini diterapkan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan membaca dan menulis siswa. Strategi pembelajaran CIRC cocok diterapkan pada pembelajaran bahasa karena dalam kegiatan pembelajarannya memiliki inti kegiatan membaca dan menulis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe CIRC terhadap keterampilan membaca dan menulis Siswi kelas 1 MI Attaraqqie Putri Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Design. Variabel terikat pada penelitian ini adalah strategi pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan variabel bebas pada penelitian ini adalah keterampilan membaca dan menulis. Sampel penelitian ini terdiri dari 72 siswa, dimana kelas kontrol terdiri dari 36 siswa (kelas 1A), dan kelas eksperimen terdiri dari 36 siswa (kelas 1B). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T yang digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan strategi pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca dan menulis siswa kelas 1.
Berdasarkan hasil teknik analisis uji T diperoleh hasil nilai t hitung 4,784 > 1,99495 maka dinyatakan bahwa hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Dan pada hasil posttest menunjukkan tingkat kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan sebanyak 10%, tingkat kemampuan menulis siswa mengalami peningkatan sebanyak 10%, dan nilai pengetahuan siswa mengalami peningkatan sebanyak 9%. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan strategi pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca dan menulis siswa kelas 1.
Diketahui bahwa strategi pembelajaran CIRC ini memiliki pengaruh terhadap keterampilan membaca dan menulis. Sehingga peneliti berharap bahwa jika guru ingin melatih dan mengembangkan keterampilan membaca dan menulis siswa, dapat menerapkan strategi pembelajaran CIRC ini.
Kata Kunci : CIRC, Membaca, Menulis.