Implementasi Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas III di MI Al- Hidayah Kasembon Bululawang Malang
Abstract
Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang menjelaskan tema- tema yang sudah di tentukan sesuai dengan kurikulum dan di implementasikan bagi anak yang berada pada rentang usia dini (7-11) atau lebih, berada pada operasional konkret. Anak pada usia ini memiliki kecenderungan unsur secara serentak,mulai berfikir secara operasional. Pembelajaran tematik lebih menekankan keaktifan siswa dapat memperoleh suatu pengalaman dalam pembelajaran serta dapat menemukan sendiri berbagai pengalaman berbagai pengetahuan yang di pelajarinya secara langsung dan terlatih melalui pengalaman tersebut siswa dapat memahami dengan mudah konsep - konsep yang telah mereka pahami.
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran tematik yang dilakukan pada siswa kelas III MI Al-Hidayah Kasembon Bululawang. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran tematik di MI Al-Hidayah Kasembon Bululawang. (3) Untuk mengetahui evaluasi dari pembelajaran tematik pada siswa kelas III MI Al-Hidayah Kasembon Bululawang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini empat tahap yakni; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data disajikan dalam bentuk deskriptif. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan tiga kriteria yakni: kredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran tematik pada siswa kelas III MI Al- Hidayah Kasembon Bululawang Malang melalui beberapa tahapan yaitu guru menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah di selaraskan dengan silabus yang sudah ditentukan dan guru menyiapkan media pembelajaran sebagai sarana pendukung pembelajaran tematik supaya lebih efektif. (2)pelaksanaan pembelajaran tematik pada siswa kelas III MI Al- Hidayah Kasembon Bululawang Malang bahwa guru sudah melaksanakan pembelajaran tematik sesuai rpp silabus Silabus. (3) Evaluasi pembelajaran tematik pada siswa kelas III di MI Al-Hidayah Kasembon Bululawang , evaluasi dapat memecahakan masalah siswa pada pembelajaran tematik dapat mengukur tingkat pemahaman siswa mengenai tematik itu sendiri, Evaluasi pembelajaran kelas III yang digunakan guru pada siswa yaitu menggunakan portofolio, proyek dan project.
Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Tematik, MI