Penanaman Sikap Nasionalisme Pada Pembelajaran Tematik Tema 1 Indahnya Kebersamaan Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Sikap Nasionalisme adalah bentuk upaya siswa dalam mengungkapkan atau mengekspresikan atas kecintaan dirinya terhadap tanah air. Definisi Nasionalisme secara operasional dapat diungkapkan melalui sikap siswa. Penanaman sikap Nasionalisme kepada siswa bertujuan untuk menjunjung tinggi nilai-nilai Nasionalisme. Hal itu bisa dilihat dari kurangnya, moral, akhlak dan rasa kecintaannya terhadap bangsa Indonesia. Penurunan sikap-sikap Nasionalisme bisa dilihat dari siswa yang tidak hafal lagu kemerdekaan Indonesia, mereka menyanyikannya dengan lirik yang terbalik, dan kurang tertibnya siswa dalam mengikuti upacara bendera.
Dari latar belakang penelitian diatas maka peneliti merumuskan masalah, yakni apa saja strategi guru dalam menanamkan sikap Nasionalisme mencintai tanah air dan bangsa melalui pembelajaran tematik tema 1 di kelas IV MI Al-Ihsan Kayuaru Kecamatan Kangayan Kabupaten Sumenep, bagaimana strategi guru dalam menanamkan sikap Nasionalisme dalam keberagaman budaya bangsa melalui pembelajaran tematik tema 1 di kelas IV MI Al-Ihsan Kayuaru Kecamatan Kangayan Kabupaten Sumenep, bagaimana strategi guru dalam menanamkan sikap Nasionalisme dalam kebersamaan dan keberagaman melalui pembelajaran tematik tema 1 di kelas IV MI Al-Ihsan Kayuaru Kecamatan Kangayan Kabupaten Sumenep.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan sikap Nasionalisme mencintai tanah air dan bangsa melalui pembelajaran tematik tema 1 di kelas IV MI Al-Ihsan Kayuaru Kecamatan Kangayan Kabupaten Sumenep, strategi guru dalam menanamkan sikap Nasionalisme dalam keberagaman budaya bangsa melalui pembelajaran tematik tema 1 di kelas IV MI Al-Ihsan Kayuaru Kecamatan Kangayan Kabupaten Sumenep.
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan jenis kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupaka metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan, transkip, buku, agenda dan sebagainya.
Dalam penelitian, penanaman sikap Nasionalisme cinta tanah air dan bangsa melalui pembiasaan kepada siswa dengan menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi, menyanyikan lagu Indonesia raya sebelum proses pembelajaran di mulai dan membacakan pancasila secara bersama-sama, membentuk sikap Nasionalisme cinta tanah air kepada siswa dengan menggunakan bahasa Indonesia baik dan benar, meceritakan perjuangan para pahlawan bangsa, mengenalkan ikon bangsa seperti pancasila, proklamasi, sumpah pemuda dan lain sebagainnya, mendukung penanaman sikap Nasionalisme cinta tanah air melalui program upacara rutin setiap hari senin dan berpartisipasi dalam memeriahkan hari kemerdekaan 17 agustus 1945 dalam upaya menumbuhkan rasa loyalitas dan cinta tanah air siswa kepada bangsa, mengadakan kegiatan gotong royong, mengenalkan budaya-budaya bangsa seperti tarian daerah, alat-alat musik tradisonal.
Dalam penanaman sikap Nasionalisme keberagaman budaya bangsa guru memberikan pembelajaran kepada siswa dalam buku tematik tema 1 yang memuat tentang banyaknya budaya-budaya yang ada Indonesia, seperti tarian tradisonal, pakaian adat, rumah tradisonal, alat-alat musik tradisional, permainan tradisional, kain adat dan adat-adat yang ada di Indonesia, guru berinovasi menciptakan pembelajaran yang interkatif dan bervariatif dan memanfaatkan media pembelajaran yang mendukung tercapainya proses penanam sikap Nasionalisme melalui pembelajaran tematik tema 1, membentuk kepribadian siswa dalam sikap toleransi dan rasa bangga terhadap bangsa Indonesia. Kemudian sikap cinta tanah air, rela berkorban, disiplin, jujur dan berbagai karakter yang ada di dalam sikap Nasionalisme lainnya.
Kata Kunci : Sikap Nasionalisme, Penanaman, Tematik Tema 1