Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Rendah SD Negeri 1 Karangpandan Kecamatan Pakisaji Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
Era pandemi yang menyebabkan sekolah menjadi daring dan orang tua mengambil peranan penting dalam pendidikan anak. Guru hanya berfungsi menjadi pemantau dan pemberi tugas. Dua tahun telah dilalui Indonesia dengan menjalankan pendidikan daring meskipun sekarang sudah mulai normal. Orang tua mengambil peranan penting dalam kemajuan dan perkembangan pendidikan anak. Orang tua yang mengawasi dan membimbing anak akan mampu menciptakan komunikasi yang bagus dan berpengaruh pada prestasi siswa.
Penelitian ini berlokasi di pakisaji, yaitu SD Karang Pandan 1, dan dilakukan pada empat puluh orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan instrument wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik data inferensial dan deskriptif, yaitu dengan menarik kesimpulan yang digunakan peneliti, yang diambil dari populasi, yang berasal dari sampel dan kemudian secara deksriptif menyajikan dalam tabel dan diagram.
Hasil dari penelitian ini adalah, adanya pengaruh antara bimbingan orang tua dengan pretasi siswa. Orang tua yang menyediakan waktu baik sebentar atau lama, ataupun menyediakan prasarana belajar akan berpengaruh pada siswa. Dukungan orang tua dalam bentuk sarana atau mengikutkan anak di lembaga bimbingan juga berpengaruh pada perkembangan prestasi siswa. Pengaruh positif yang terjadi adalah, kepercayaan diri siswa meningkat, semangat belajar siswa meningkat, serta prestasi siswa yang bagus di sekolah.
Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Pendidikan, Prestasi