Show simple item record

dc.contributor.authorRohmah, Miftakhul
dc.date.accessioned2022-08-01T06:11:05Z
dc.date.available2022-08-01T06:11:05Z
dc.date.issued2022-07-11
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4572
dc.description.abstractPembelajaran Al-Qur’an saat ini telah ditempuh melalui pendidikan formal (sekolah), informal (keluarga) dan non formal (masyarakat). Pada jalur formal yakni di sekolah, Al-Qur’an telah masuk menjadi sub mata pelajaran dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam. Pengembangan baca tulis Al-Qur’an sangat luas dan variatif, namun generasi muda zaman sekarang memiliki keterbatasan dalam ilmu pengetahuan terutama dalam ilmu agama khususnya baca tulis Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik MTs NU Tarbiyah Muballighin al-Islamiyah Pujon Malang, mendeskripsikan metode tilawati dalam memperlancar kefasihan membaca Al-Qur’an di MTs NU Tarbiyah Muballighin al-Islamiyah Pujon, dan mengetahui pengaruh yang signifikan dalam memperlancar kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik MTs NU Tarbiyah Muballighin al-Islamiyah Pujon Malang dengan menggunakan metode tilawati. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan sumber data penelitian ini ada dua yaitu: (1) Data Primer, (2) Dan data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu: (1) Reduksi, (2) Paparan Data, (3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik MTS NU Tarbiyah Muballighin al-Islamiyah Pujon Malang tidak semua bisa membaca Al-Qur’an dan tidak semua menggunakan metode tilawati. Penerapan metode tilawati di MTs NU Tarbiyah Muballighin al-Islamiyah Pujon Malang dilaksanakan sebelum pembelajaran di dalam kelas dengan membiasakan dengan sholat dhuha terlebih dahulu. Implikasi metode tilawati terhadap kefasihan membaca Al-Qur’an di MTs NU Tarbiyah Muballighin al-Islamiyah Pujon Malang peserta didik dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, siswa juga mengetahui hokum-hukum tajwid, dasar-dasar agama. Dan siswa juga dapat menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an, hafal do’a-do’a pilihan untuk sehari-hari. Dan mengetahui makhorijul Huruf, dan mengetahui ayat-ayat Musykilat dan bacaan Ghorib. Kata Kunci: Penerapan, Kefasihan Membaca Al-Qur’an, MTs NU Tarbiyah Muballighin Al-Islamiyah Pujon Malang, Metode Tilawati, Siswa Kelas Tujuh.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPenerapanen_US
dc.subjectKefasihan Membaca Al-Qur’anen_US
dc.subjectMTs NU Tarbiyah Muballighin Al-Islamiyah Pujon Malangen_US
dc.subjectMetode Tilawatien_US
dc.subjectSiswa Kelas Tujuhen_US
dc.titlePenerapan Metode Tilawati Dalam Memperlancar Kefasihan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII MTs NU Tarbiyah Muballighin al-Islamiyah Pujon Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record