Penerapan Metode Tilawati Dalam Memperlancar Kefasihan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII MTs NU Tarbiyah Muballighin al-Islamiyah Pujon Malang
Abstract
Pembelajaran Al-Qur’an saat ini telah ditempuh melalui pendidikan formal (sekolah), informal (keluarga) dan non formal (masyarakat). Pada jalur formal yakni di sekolah, Al-Qur’an telah masuk menjadi sub mata pelajaran dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam. Pengembangan baca tulis Al-Qur’an sangat luas dan variatif, namun generasi muda zaman sekarang memiliki keterbatasan dalam ilmu pengetahuan terutama dalam ilmu agama khususnya baca tulis Al-Qur’an.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik MTs NU Tarbiyah Muballighin al-Islamiyah Pujon Malang, mendeskripsikan metode tilawati dalam memperlancar kefasihan membaca Al-Qur’an di MTs NU Tarbiyah Muballighin al-Islamiyah Pujon, dan mengetahui pengaruh yang signifikan dalam memperlancar kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik MTs NU Tarbiyah Muballighin al-Islamiyah Pujon Malang dengan menggunakan metode tilawati.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan sumber data penelitian ini ada dua yaitu: (1) Data Primer, (2) Dan data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu: (1) Reduksi, (2) Paparan Data, (3) Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik MTS NU Tarbiyah Muballighin al-Islamiyah Pujon Malang tidak semua bisa membaca Al-Qur’an dan tidak semua menggunakan metode tilawati. Penerapan metode tilawati di MTs NU Tarbiyah Muballighin al-Islamiyah Pujon Malang dilaksanakan sebelum pembelajaran di dalam kelas dengan membiasakan dengan sholat dhuha terlebih dahulu. Implikasi metode tilawati terhadap kefasihan membaca Al-Qur’an di MTs NU Tarbiyah Muballighin al-Islamiyah Pujon Malang peserta didik dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, siswa juga mengetahui hokum-hukum tajwid, dasar-dasar agama. Dan siswa juga dapat menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an, hafal do’a-do’a pilihan untuk sehari-hari. Dan mengetahui makhorijul Huruf, dan mengetahui ayat-ayat Musykilat dan bacaan Ghorib.
Kata Kunci: Penerapan, Kefasihan Membaca Al-Qur’an, MTs NU Tarbiyah Muballighin Al-Islamiyah Pujon Malang, Metode Tilawati, Siswa Kelas Tujuh.