Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang
Abstract
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti kondisi pada saat ini, meningaktkan motivasi belajar siswa suatu proses sebagai pendorong usaha dan pencapaian prestasi. Adanya motivasi yang baik dalam belajar akan menunjukkan hasil yang baik, dengan adanya usaha yang rajin, tekun dan didasari oleh motivasi, maka seseorang yang belajar akan dapat melahirkan prestasi yang baik. Karena upaya guru Akidah Akhlak berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya faktor lemahnya motivasi belajar seperti faktor malas, menggampangkan tugas, cara belajar siswa dirumah, dan terlalu santai, itu yang berasal dari diri siswa, sehingga hasil belajar siswa akhir-akhir ini mengalami penurunan.
Berdasarkan latar belakang penelitian di atas maka disusunlah tujuan penelitian ini yaitu bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kehadiran peneliti sebagai intrusmen kunci. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang dilakukan menggunakan model Djamal yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan ketekunan pengamatan, tringaluasi, pengecekan sejawat, dan kecukupan refrensi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut: (1). Motivasi belajar siswa di MTs Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang. Siswa yang memiliki minat tinggi dalam mengikuti pelajaran dengan serius, aktif, dan rajin mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. (2). Upaya guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motiavsi belajar siswa di MTs Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang. Upaya guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah sebagai berikut: pertama, memperjelas tujuan yang ingin dicapai. Kedua, memberikan sumber belajar. Ketiga, memberikan nasehat. Keempat, memberikan pujian sewajarnya. Kelima, memciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar. Keenam, memberikan tes dan penilaian. (3). Faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang. a. Faktor penghambat sebagai berikut: kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan, dan fasilitas yang kurang memadai. b. Faktor pendukung sebagain berikut: siswa mempunyai motivasi yang cukup kuat, dan fasilitas sekolah yang memadai.
Kata Kunci : Meningkatkan Motivasi, Belajar Siswa