Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Organisasi (Studi kasus di IPNU-IPPNU Lowokwawru)
Abstract
Untuk mencapai tujuan pendidikan agama Islam harus dilakukan di dalam sekolah maupun luar sekolah. Di dalam sekolah formal pendidikan tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Sedangkan pendidikan agama Islam di luar sekolah ataunon formal adalah seperti halnya Pendidikan yang ada diTPQ, dan juga Pendidikan sendiri tak terlepas dari lingkup lingkungan sekitar yang ada di tengah tengah massyarakat seperti halnya Pendidikan yang di terapkan dalam lembaga organisasi kemasyarakatan seperti Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama & Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama yang biasa dikenal IPNU- IPPNU yang dimana berada dalam naaungan BANOM (Badan Otonom) Nahdlatul Ulama.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menduskrisikan pelaksanaan kegiatan penerapan Nilai-NIlai Pendidikan Aagama islam yang di lakukan oleh IPNU- IPPNU kecamatan Lowokwaru, (2) mendeskripsikan apa saja nilai-nilai pendidikan agam islam yang di tanamkan oleh organisasi ipnu ippnu Kecamatan Lowkwaru, (3) mendiskrispsikan hasil penerapan pendidikan agama islam yang dilakukan oleh IPNU-IPPNU kecamatan Lowokwaru
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus, kehadiran peneliti merupakan instrument kunci. Datanya bersumber dari kata-kata dan tindakan menggunakan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data di peroleh dari reduksi, disajikan dan kemudian ditarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian ini.
Hasil penelitian ini adalah pertama, Pelaksanaan kegiatan penerapan nilai pendidikan agama islam yang dilakukan oleh organisasi IPNU-IPPNU Lowokwaru melalui kegiatan seperti, Rutinan Pembacaan tahlil dan istighosah, pembacaan maulid NAbi, dan bakti social. Kedua, nilai-nilai pendidikan agama islam yang di tanamkan seperti nilai Aswaja (Ajlu Sunnah Wal Jamaah), Nilai akudah yaitu tentang keuakinan kepada Tuhan YME, nilai Amaliyah yaitu nilai ibadah atau implementasi dari nilai akidah dan akhlak. Ketiga, hasil penerapan nilai pendidkan agam islam yang dilakukan oleh organisasi IPNU-IPPNU Lowokwaru dapat dilihat dari sikap kepribadian setiap anggota mampu menjaga etika dam bermasyarakat, seperti menghormatu orang yang lebih tua, menjaga diri dari pergaulan bebas.
Kata Kunci : Penerapan, Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Kegiatan, IPNU-
IPPNU Lowokwaru.