Pengaruh Penggunaan Aplikasi Edudin terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Praktik Ekonomi Islam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas XI SMAN 1 Malang
Abstract
Berdasarkan kebijakan baru yang ditetapkan pemerintah atas wabah Covid-19 mengharuskan kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas di sekolah yang berada di daerah dengan PPKM level 1, 3, dan 4. Sebagai upaya dalam menyeimbangkan hasil belajar dari keterbatasan pembelajaran tatap muka, maka diperlukan sebuah inovasi untuk melakukan pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satunya adalah menggunakan media pembelajaran yang diberi nama Edudin.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aplikasi edudin terhadap hasil belajar siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan jenis penelitian kuantitatif Quasi Eksperimental Design dengan pendekatan Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel yang digunakan dengan metode Purposive Sampling atas dasar Teori Taunt, sehingga didapat 33 siswa kelas kontrol dan eksperimen dari jumlah populasi seluruh kelas XI. Data yang diperoleh diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan bantuan program SPSS 22.
Setelah diketahui bahwa data tidak berdistribusi normal dan homogen, maka untuk analisis data digunakan Statistik Non-Parametris jenis Mann-Whitney U. Data hasil post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen dianalisis menghasilkan Asymp.Sig 0,00 yang lebih besar dari nilai signifikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi Edudin memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran praktik ekonomi islam pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI SMAN 1 Kota Malang.
Kata Kunci: Edudin, PAI, Hasil Belajar