Hubungan Antara Minat Belajar Siswa dengan Hasil Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII dan VIII SMP Wahid Hasyim Tahun Ajaran 2021/202
Abstract
Suatu minat dapat diekspresikan melalui suatu pernyataan yang menunjukan bahwa siswa lebih menyukai suatu hal daripada hal lainya, dapat pula dimanifestasikan melalui partisipasi dalam suatu aktivitas. Siswa yang memiliki minat terhadap subyek cenderung untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap subjek tersebut. Minat belajar yang besar cenderung menghasilkan hasil belajar yang tinggi, sebaliknya minat belajar kurang akan menghasilkan hasil belajar yang rendah. Berdasarkan hasil penelitian siswa kelas VII dan VIII SMP Wahid Hasyim memiliki minat belajar yang berbeda-beda, ada yang kurang minat, minatnya rendah, minatnya sedang dan tinggi. Begitu juga untuk hasil belajarnya, ada yang hasilnya rendah, cukup, bai, dan sangat baik. Kedua hal ini sangat berhubungan. Adapun dalam minat belajar terdapat faktor internal dan eksternal. Begitu juga dalam hasil belajar, banyak faktor yang mempengaruhi baik internal maupun eksternal. Minat belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, karena pengaruh dari minat belajar yang baik dapat memberikan ketertarikan dalam proses belajar mengajar sehingga akhirnya menghasilkan hasil belajar yang baik.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada hubungan anatara minat belajar siswa terhadap Hasil Belajar pada pelajarsn Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Wahid Hasyim Tahun Ajaran 2021/2022. 2) Untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII dan VIII SMP Wahid Hasyim Tahun Ajaran 2021/2022. 3) Untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII dan VIII SMP Wahid Hasyim Tahun Ajaran 2021/2022.
Jenis penelitian ini adalah dengan korelasional non eksperimen, sedangkan metodenya menggunakan metode korelasi survey. Adapun pengumpulan datanya menggunakan angket dan nilai Ujian Akhir Semester. Untuk Analisis datanya menggunakan Korelasi Rank Spearman. Analisis data dilakukan dengan bantuan program Microsoft Excel 2010 dan Program SPSS Versi 25.
Dari hasil penelitian bias ditarik kesimpulan bahwa tingkat minat belajar siswa siswa kelas VII dan VIII SMP Wahid Hasyim dari jumlah 148 siswa terdapat 22 siswa yang sangat berminat dengan presentase 15%, 90 siswa berminat dengan presentase 61%, 33 siswa cukup berminat dengan presentase 22%, 3 siswa kurang berminat dengan presentase 2%, dan 0 siswa yang tidak berminat dengan presentase 0%, maka dapat diketahui siswa memiliki level minat belajar yang tinggi. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya level minat belajar dalam yaitu faktor lingkungan sekolah yaitu program literasi, faktor kinerja seorang guru, faktor internal yaitu perasaan senang, faktor pengalamana siswa, faktor dorongan dari orang tua, dan faktor teman sebaya.
Sedangkan hasil belajar siswa kelas VII dan VIII Wahid Hasyim dapat diketahui dari 148 siswa yang menjadi sampel terdapat 82 siswa yang prestasinya sangat baik dengan presentase 55%. Terdapat 41 siswa yang hasil belajarnya baik dengan presentase 28%. Terdapat 17 siswa yang hasil belajarnya cukup baik dengan presentase 11%. Terdapat 4 siswa yang hasil belajarnya kurang baik dengan presentase 3%. Dan Terdapat 4 siswa yang hasil belajarnya tidak baik dengan presentase 3%. maka dapat diketahui siswa memiliki level minat belajar yang tinggi. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya level hasil belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII dan VII di SMP Wahid Hasyim yaitu faktor minat belajar, faktor teman sebaya, faktor gaya belajar, faktor kinerja guru, dan faktor fasilitas yang cukup baik dari sekolah.
Hubungan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII dan VIII SMP Wahid Hasyim Tahun Ajaran 2021/2022, terlihat dari data yang menunjukkan signifikan sebesar 0.029 0.029, karena < 0,05 maka artinya variabel minat belajar dan hasil belajar berkorelasi. Hasil perhitungan korelasi rank spearman mengasilkan nilai sebesar -0,587, yang mengacu pada table Pedoman Korelasi Rank Spearman berada pada interval 0,40 – 0,599 yang memiliki arti tingkat hubungan kedua variabel cukup kuat.
Kata Kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam