Show simple item record

dc.contributor.authorNabilah
dc.date.accessioned2022-08-02T01:55:38Z
dc.date.available2022-08-02T01:55:38Z
dc.date.issued2022-06-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4615
dc.description.abstractPengertian strategi pembelajaran Al-Qur’an adalah langkah-langkah yang tersusun secara terencana dan sistematis dengan menggunakan teknik dan metode tertentu dalam proses pembelajaran Al-Qur’an untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dari latar belakang tersebut, maka peneliti merumuskan fokus penelitian yaitu (1) Bagaimana perencanaan strategi pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan sikap istiqomah menghafal Al-Qur’an peserta didik. (2) Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan sikap istiqomah menghafal Al-Qur’an peserta didik. (3) Bagaimana evaluasi strategi pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan sikap istiqomah menghafal Al-Qur’an peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan sikap istiqomah menghafal Al- Qur’an peserta didik. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan sikap istiqomah menghafal Al-Qur’an peserta didik. (3) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan sikap istiqomah menghafal Al-Qur’an peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut di atas yang telah di amati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keberhasilan guru Al-Qur’an dalam meningkatkan sikap istiqomah menghafal Al-Qur’an peserta didik kelas X Nurul Furqon Malang sudah cukup baik dan dapat membantu peserta didik dalam membentuk sikap istiqomah menghafal Al-Qur’an peserta didik. Hal ini terlihat dari peserta didik yang awalnya kurang istiqomah dalam menghafal Al-Qur’an maka dengan adanya strategi pembelajaran Al-Qur’an ini peserta didik dapat mengingat betapa pentingnya untuk istiqomah pada hafalannya, karena dengan istiqomah peserta didik dapat mempercepat hafalannya dan membantu peserta didik agar tidak melupakan hafalannya. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Al-Qur’an, Istiqomah Menghafal Al- Qur’an.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectStrategi Pembelajaran Al-Qur’anen_US
dc.subjectIstiqomah Menghafal Al- Qur’anen_US
dc.titleStrategi Pembelajaran Al-Qur’an dalam Meningkatkan Sikap Istiqomah Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik Kelas X Nurul Furqon Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record