Problematika Pembelajaran Tahfidz Al-Quran pada Masa Pandemi di SMP IT Insan Permata Malang
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Problematika Pembelajaran Tahfidz Al-Quran pada masa pandemi covid-19 di SMP IT Insan Permata Malang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebab munculnya pandemi covid-19 yang menyebabkan dunia pendidikan dilaksanakan secara daring dan tidak diperkenankan tatap muka. Begitupun halnya yang terjadi di SMP IT Insan Permata Malang. SMP IT Insan Permata Malang memutuskan untuk melakukan seluruh kegiatan pembelajaran secara daring. Hal ini tentunya akan berdampak pada sistem pembelajaran yang harus diubah. Oleh karena itu peneliti merasa perlu melakukan penelitian terkait problematika pembelajaran Tahfidz Al-Quran pada masa pandemi di SMP IT Insan Permata Malang.
Fokus penelitian dalam penulisan sripsi ini adalah 1) bagaimana pembelajaran Tahfidz Al-Quran pada masa pandemi covid-19 di SMP IT Insan Permata Malang? 2) bagaimana problematika pembelajaran Tahfidz Al-Quran pada masa pandemi di SMP IT Insan Permata Malang? 3) bagaimana solusi pembelajaran Tahfidz Al-Quran pada masa pandemi di SMP IT Insan Permata Malang?
Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pembelajaran Tahfidz Al- Quran pada masa pandemi covid 19 di SMP IT Insan Permata Malang. 2) untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran Tahfidz Al-Quran pada masa pandemi di SMP IT insan permata malang. 3) untuk mendeskripsikan solusi pembelajaran tahfidz al-quran pada masa pandemi di SMP IT Insan Permata Malang.
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal
atau variabel, yang berupa catatan-catatan, buku, dan lain sebagainya.serta pemilihan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan kondisi kelas dan siswanya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pembelajaran Tahfidz Al-Quran pada masa pandemi covid-19 di SMP IT Insan Permata Malang melalui pembelajaran daring yakni, pembelajaran dengan aplikasi Learning Management System (LMS), problematika klasikal baca simak, video panduan hafalan, dan menggunakan satu jenis mushaf. dalam pembelajaran daring di SMP IT Insan Permata Malang yakni,
1) Mengirimkan video hafalan, siswa mengirim video hasil hafalan melalui aplikasi LMS. 2) Irama Bacaan, dalam menghafal menggunakan irama bayati sebagai irama bacaan Al-Quran. 3) Penyetoran Hafalan, pembelajaran Tahfidz Al-Quran dilaksanakan 5 hari dalam seminggu dan sehari minimal 3 baris. Problematika dan solusi pembelajaran Tahfidz Al-Quran pada masa pandemi di SMP IT Insan Permata Malang sebagai berikut: 1) Kurangnya support orang tua, dengan solusi guru menghubungi orang tua untuk mengontrol dan mengingatkan kewajiban tugas siswa. 2) Kendala Jaringan, dengan solusi pembelajaran berpindah ke whatsapp grup. 3) Tidak memenuhi target hafalan, dengan solusi guru lebih menaikkan kompetensi untuk mendorong siswa agar lebih semangat dalam belajar dan menghafalkan Al-Quran. (4) Latar belakang siswa, dengan solusi guru melahirkan metode yang dapat memayungi setiap perbedaan latar belakang siswa dengan menggunakan sistem pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk mendukung hafalan siswa.
Kata Kunci: Problematika, Tahfidz Al-Quran, Pandemi Covid-19