Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Menangkal Fanatisme Golongan di SMP Bahrul Maghfiroh Kota Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai multikultural apa yang ada di SMP Bahrul Maghfiroh Malang, metode yang digunakan dalam penanaman nilai-nilai multikultural sebagai upaya menangkal fanatisme golongan di SMP Bahrul Maghfiroh Malang, serya dampak penanaman nilai-nilai multikultural terhadap siswa SMP Bahrul Maghfiroh Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus siswa di SMP Bahrul Maghfiroh. Hasil penelitian didapatkan nilai-nilai multikultural yang relevan dalam materi pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu nilai toleransi, nilai persatuan dan kesatuan dan nilai keadilan. Penanaman nilai-nilai multikultural yang dilaksanakan di SMP Bahrul Maghfiroh Malang dilakukan melalui beberapa cara yaitu melalui metode diskusi, metode tanya jawab dan metode role playing. Implikasi penerapan pendidikan multikultural di SMP Bahrul Maghfiroh Malang memberikan dampak positif terhadap sikap toleransi, keadilan, dan persatuan satua sama lain yang meliputi kebebasan berpikir berupa ketidaktegangan siswa dalam berkomunikasi dan bekerjasama antar individu maupun kelompok. Kata Kunci : Penanaman, Nilai-nilai Multikultural, Pendidikan Agama Islam, Fanatisme Golongan