View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pembelajaran PAI Kelas VIII SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari

Thumbnail
View/Open
Publish (1.584Mb)
Fulltext (15.78Mb)
Date
2022-07-15
Author
Akbar, Muh Aqil
Metadata
Show full item record
Abstract
Dalam pendidikan agama islam, proses yang komprehensif dari pengembangan kepribadian manusia secara keseluruhan, yang meliputi intelektual, spiritual, emosi dan fisik, sehingga seorang muslim disiapkan dengan baik untuk memiliki kemampuan mengaktualisasikan potensi-potensinya dan berkompeten melaksanakan tugas-tugas esensialnya, dalam kehidupan individu maupun kolektif. Semua ini merupakan perwujudan dari upaya pendekatan diri akan pengabdian kepada Tuhan. Penggunaan media pembelajaran di dalam kelas sangat membantu guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Dengan menggunakan media pembelajaran siswa akan lebih mudah terangsang pemikirannya, selain itu media pembelajaran mampu memberikan gambaran yang lebih jelas kepada siswa tentang materi yang sedang dipelajari. Articulate Storyline dihadirkan sebagai software pembuat media pembelajaran interaktif yang mudah dan menyenangkan.Articulate Storyline cocok digunakan untuk memproduksi sebuah media pembelajaran interaktif. karena di dalamnya tersedia menu-menu yang praktis untuk dapat menambahkan teks, gambar, animasi, video, hingga kuis, sehingga siswa dalam menggunakan media tersebut dapat langsung berinteraksi dan mendemonstrasikan suatu materi yang sedang dipelajari. Diidentifikasikan beberapa tujuan pengembangan proyek sebagai berikut : 1.) Dapat mengetahui kebutuhan media pembelajaran PAI di SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari. 2.) Dapat mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif PAI kelas VIII dengan menggunakan articulate story line di SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari. 3.) Dapat mengetahui hambatan-hambatan media pembelajaran PAI dalam bentuk multimedia interaktif articulate story line. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari pada mata pelajaran PAI dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari beberapa tahapan yang saling berkaitan, yakni Analysis (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), Evaluation (perbaikan). Media pembelajaran interaktif PAI Kelas VIII disimpulkan telah melalui tahap validasi oleh ahli media dan ahli materi, serta telah diujicobakan kepada siswa. Penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase sebesar 92,25 % atau termasuk dalam kategori layak. Penilaian oleh ahli materi mendapatkan persentase sebesar 87,5 % atau termasuk dalam kategori Layak. Penilaian oleh siswa mendapatkan persentase sebesar 78,5 % atau termasuk dalam kategori layak. Rata-rata penilaian secara keseluruhan adalah sebesar 86 % atau termasuk dalam kategori layak sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran Multimedia Interaktif, Articulate Storyline, Pembelajaran PAI
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4643
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group