Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Pemahaman Akuntansi di Masa Pembelajaran Daring Covid-19 (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi 2018 di Universitas Islam Malang dan Politeknik Negeri Malang)
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring di masa covid-19, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan intelektual yang dilakukan di Universitas Islam Malang dan Politeknik Negeri Malang. Dalam penulisan penelitian ini mengambil sampel pada mahasiswa akuntansi tahun 2018 di Universitas Islam Malang dan Politeknik Negeri Malang. Metode penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan menggunakan perhitungan rumus slovin. Metode analisis data yang digunakan menggunakan analisis regresi linier berganda, dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner atau angket yang disebar secara tertutup kepada responden.
Berdasarkan penelitian mendapatkan hasil bahwa (1) Kecerdasan spiritual dan kecerdasan intelektual secara bersama-sama berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi di masa pembelajaran daring covid-19, (2) Kecerdasan spiritual berpengaruh negatif terhadap pemahaman akuntansi di masa pembelajaran daring Covid-19, (3) Kecerdasan intelektual berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi di masa pembelajaran daring Covid-19.
Kata Kunci : Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, Pemahaman Akuntansi, Pembelajaran Daring.