Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Modal Usaha, dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Keberlanjutan Bisnis UMKM di Masa Pandemi Covid-19 di Kota Batu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media sosial, modal usaha, dan pemahaman akuntansi terhadap keberlanjutan bisnis UMKM di masa pandemi Covid-19 di Kota Batu. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pemanfaatan media sosial, modal usaha, dan pemahaman akuntansi, sedangkan variabel dependennya adalah keberlanjutan bisnis UMKM di masa pandemi Covid-19 di Kota Batu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, karena data yang digunakan berupa angka dan bilangan. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dengan metode pengumpulan datanya berupa kuesioner. Populasi pada penelitian ini yaitu pelaku UMKM yang terdaftar di Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu. Teknik pengambilan datanya menggunakan rumus slovin. Berdasarkan metode tersebut jumlah pelaku UMKM yang digunakan ada 100 responden. Hipotesis yang diuji menggunakan analisis statistik deskriptif, uji instrumen, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis menggunakan alat bantu SPSS Versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pemanfaatan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberlanjutan bisnis UMKM (0,000 < 0,05), sedangkan variabel modal usaha tidak berpengaruh terhadap keberlanjutan bisnis UMKM (0,569 > 0,05), dan variabel pemahaman akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberlanjutan bisnis UMKM (0,008 < 0,05).
Kata Kunci: Pemanfaatan Media Sosial, Modal Usaha, Pemahaman Akuntansi, Keberlanjutan Bisnis UMKM