Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Kepedulian Sosial pada Siswa SMA Negeri 2 Malang
Abstract
Upaya guru pendidikan agama islam adalah sebuah usaha yang dilakukan dengan sengaja berupa bimbingan dan asuhan terhadap peserta didik agar kelak setelah selesai menjalani pendidikan dapat memahami apa yang terkandung dalam ajaran islam secara keseluruhan. Kepedulian sosial merupakan sikap selalu ingin membantu orang lain yang membutuhkan dan menghargai orang lain tanpa memandang suku, ras dan agama yang dilandasi dengan rasa kesadaran.
SMA Negeri 2 Malang telah menjadikan kepedulian sosial sebagai budaya dan muatan lokal untuk meningkatkan kemampuan serta keterampilan yang relevan dengan kebutuhan lokal yang harus dimiliki oleh para peserta didik. Budaya peduli sosial juga merupakan budaya sekolah yang dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan di Indonesia dan budaya peduli sosial harus tertanam pada diri peserta didik khususnya peserta didik di SMA Negeri 2 Malang.
Berdasarkan observasi awal, bahwasanya rasa kepedulian sosial antar siswa di SMA Negeri 2 Malang belum tertanam dengan baik pada diri Mereka, Hal ini dibuktikan dengan kurangnya sikap ketidak pedulian pada diri mereka terhadap warga sekolah. Contoh yang terlihat ketika adanya kegiatan sosial yang dilakukan oleh teman lingkungan sekolah, yakni bantuan donasi untuk siswa yang berstatus yatim piatu yang dilakukan pada setiap bulan Muharram, dimana ada sebagian siswa yang tidak mau mengumpulkan sebagian uang yang mereka punya.
Dari latar belakang penelitian di atas maka fokus penelitian ini adalah, (1) program guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan Nilai karakter kepedulian sosial pada siswa SMA Negeri 2 Malang, (2) strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan Nilai karakter kepedulian sosial pada siswa SMA Negeri 2 Malang dan (3) hasil guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan Nilai karakter kepedulian sosial pada siswa SMA Negeri 2 Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) program guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai karakter kepedulian sosial pada Siswa SMA Negeri 2 Malang, (2) mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan Nilai karakter kepedulian sosial pada siswa SMA Negeri 2 Malang dan mendeskripsikan (3) hasil guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan Nilai karakter kepedulian sosial pada siswa SMA Negeri 2 Malang.
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian studi kasus dan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi.
Dalam penelitian ini ditemukan data program-program guru PAI dalam menanamkan nilai karakter kepedulian sosial pada siswa SMA Negeri 2 Malang ialah (1) Merancang materi tentang kepedulian sosial dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) Kegiatan Smanda Sambang Dulor (SSD) yang sifatnya eksternal, (3) Kegiatan sedekah pagi setiap harinya sebelum jam pembelajaran dimulai, (4) Santunan kepada anak yatim piatu setiap bulan Muharram, (5) Pengumpulan dana untuk masyarakat yang terdampak bencana, yaitu gerakan pengumpulan dana untuk warga yang terkena bencana. (6) Infaq apabila ada wali murid/murid yang mengalami musibah (meninggal dunia). Adapun strateginya ialah (1) Kerja kelompok atau diskusi, (2) Penanaman nilai-nilai agama (mengikuti kegiatan-kegiatan agama), (3) Keteladanan, (4) Pembiasaan dan (5) Teguran/nasehat. Kemudian hasilnya ialah berdampak positif yang mana siswa SMA Negeri 2 Malang dapat seperti : (1) menerapkan perilaku peduli sosial di lingkungan sekolah/masyarakat, (2) terbiasa dalam hal bersedekah baik itu untuk kepentingan pembangunan masjid dan ketika ada salah satu teman/wali murid yang mengalami musibah,(3) Peserta didik saling peduli sesama warga sekolah, seperti menghargai dan saling mengingatkan.
Kata Kunci : Upaya Guru PAI, Menanamkan Karakter, Kepedulian Sosial