Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MTs Tanwirul Qulub Lamongan

Show simple item record

dc.contributor.author Syarifah, Zubdatus
dc.date.accessioned 2022-08-02T03:43:44Z
dc.date.available 2022-08-02T03:43:44Z
dc.date.issued 2022-06-08
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4670
dc.description.abstract Saat ini Pendidikan Agama Islam di sekolah telah manghadapi berbagai tantangan era globalisasi ini, semua orang mengetahui tentang makna pentingnya pendidikan dalam kehidupan era inilah perkembangan semakin meraja baik dalam segi tehnologi maupun bidang lain, kebaikan era globalisasi sangatlah dirasa dari segi kalangan tua maupun muda, tidak hanya itu segi negatifnya juga berimbas, lebih-lebih pada kalangan muda mudi yang masih kagum dan ingin mencari jati diri. Untuk mencegah dan mengurangi degradasi moral dikalangan muda mudi maka Guru Pendidikan Agama Islam di MTs Tanwirul Qulub Lamongan membentuk karakter religius demi mengurangi tantangan pendidikan agama. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk pengetahuan moral siswa melalui Pendidikan karakter di MTs Tanwirul Qulub Lamongan. 2) Mendeskripsikan strategi guru Pendidikan agama Islam dalam membentuk perasaan moral siswa melalui Pendidikan karakter di MTs Tanwirul Qulub Lamongan. 3) untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk perbuatan moral siswa melalui Pendidikan karakter di MTs Tanwirul Qulub Lamongan. Untuk mencapai tujuan tersebut diatas maka peneliti melakukan penelitian dengan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus adalah suatu rangkaian kegiatan ilmiah yang dilakukan secara intensif terinci dan mendalamtentang suatu kegiatan untuk memperoleh pengetahuan mendalam tentang peristiwa yang diteliti. Sedangkan metode dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk pengetahuan moral siswa menggunakan metode cognitive moral development approach yaitu dimana pendekatan ini lebih menekankan kepada kegiatan yg bersifat kognitf, 2) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membetuk perasaan moral siswa menggunakan metode action approach, yaitu dimana guru memberikan kesempatan untuk melakukan tindakan-tindakan yang mereka anggap baik, 3) Strategi guru dalam membentuk perbuatan moral siswa menggunakan metode habituasi yaitu guru membiasakan siswa dengan kegiatan- kegiatan yang dapat menumbuhkan perbuatan moral siswa menjadi lebih baik. Kata Kunci : Strategi, Guru PAI, Karakter Religius en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Guru PAI en_US
dc.subject Karakter Religius en_US
dc.title Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MTs Tanwirul Qulub Lamongan en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account