Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di MTs Tanwirul Qulub Lamongan
Abstract
Saat ini Pendidikan Agama Islam di sekolah telah manghadapi berbagai tantangan era globalisasi ini, semua orang mengetahui tentang makna pentingnya pendidikan dalam kehidupan era inilah perkembangan semakin meraja baik dalam segi tehnologi maupun bidang lain, kebaikan era globalisasi sangatlah dirasa dari segi kalangan tua maupun muda, tidak hanya itu segi negatifnya juga berimbas, lebih-lebih pada kalangan muda mudi yang masih kagum dan ingin mencari jati diri. Untuk mencegah dan mengurangi degradasi moral dikalangan muda mudi maka Guru Pendidikan Agama Islam di MTs Tanwirul Qulub Lamongan membentuk karakter religius demi mengurangi tantangan pendidikan agama.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk pengetahuan moral siswa melalui Pendidikan karakter di MTs Tanwirul Qulub Lamongan. 2) Mendeskripsikan strategi guru Pendidikan agama Islam dalam membentuk perasaan moral siswa melalui Pendidikan karakter di MTs Tanwirul Qulub Lamongan. 3) untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk perbuatan moral siswa melalui Pendidikan karakter di MTs Tanwirul Qulub Lamongan.
Untuk mencapai tujuan tersebut diatas maka peneliti melakukan penelitian dengan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Studi kasus adalah suatu rangkaian kegiatan ilmiah yang dilakukan secara intensif terinci dan mendalamtentang suatu kegiatan untuk memperoleh pengetahuan mendalam tentang peristiwa yang diteliti. Sedangkan metode dalam pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk pengetahuan moral siswa menggunakan metode cognitive moral development approach yaitu dimana pendekatan ini lebih menekankan kepada kegiatan yg bersifat kognitf, 2) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membetuk perasaan moral siswa menggunakan metode action approach, yaitu dimana guru memberikan kesempatan untuk melakukan tindakan-tindakan yang mereka anggap baik, 3) Strategi guru dalam membentuk perbuatan moral siswa menggunakan metode habituasi yaitu guru membiasakan siswa dengan kegiatan- kegiatan yang dapat menumbuhkan perbuatan moral siswa menjadi lebih baik.
Kata Kunci : Strategi, Guru PAI, Karakter Religius