Strategi Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Era New normal di SMA Negeri 1 Malang
Abstract
Seiring meredanya kasus Covid-19 di Indonesia, pemerintah mengeluarkan kebijakan new normal. Pemerintah juga mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka pada masa pandemi atau pada era new normal. Dengan syarat warga sekolah harus sudah di vaksin dan selalu menerapkan protokol kesehatan. SMA Negeri 1 Malang merupakan salah satu satuan pendidikan yang mulai melaksanakan pem- belajaran tatap muka pada era new normal ini sejak Bulan September 2021. Proses pembelajaran pada era new normal sangat berbeda dengan pembelajaran sebelum adanya pandemi. Oleh karena itu, guru memerlukan strategi yang berbeda untuk mengelola kelas pada era new normal ini.
Berdasarkan latar belakang penelitian di atas maka disusunlah tujuan penelitian ini yaitu bertujuan untuk untuk mendeskripsikan pengelolaan lingkungan fisik, pengelolaan lingkungan sosial, serta kendala pengelolaan kelas dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada era new normal di SMA Negeri 1 Malang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data pada penelitian ini yaitu guru mata pelajaran pendidikan agama Islam. Teknik analisis data yang digunakan yaitu di mulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber.
Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Pengelolaan lingkungan fisik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada era new normal di SMA Negeri 1 Malang berupa pengaturan posisi tempat duduk peserta didik agar sesuai dengan metode pembelajaran yang digunakan dan protokol kesehatan. Setiap kelas memiliki ventilasi dan pencahayaan yang baik sehinga suhu udara dalam kelas tersebut tidak mengganggu proses pembelajaran. 2) Pengelolaan lingkungan sosial dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada era new normal di SMA Negeri 1 Malang menggunakan pendekatan perubahan tingkah laku terhadap peserta didik. Dengan menerapkan sikap disiplin dan pemberian motivasi pada peserta didik dapat merubah tingkah laku peserta didik menjadi positif, selain itu juga menjadikan interaksi antara guru dengan peserta didik dapat terjalin dengan baik. 3) Kendala pengelolaan kelas dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada era new normal di SMA Negeri 1 Malang adalah ketika peserta didik mengobrol dengan temannya, tertidur di kelas, bermain hand phone, membolos kelas atau saling bercanda saat pembelajaran berlangsung.
Kata Kunci : Strategi, Pengelolaan Kelas, New Normal