Show simple item record

dc.contributor.authorPutri, Handini Eka
dc.date.accessioned2022-08-02T04:46:18Z
dc.date.available2022-08-02T04:46:18Z
dc.date.issued2022-07-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4693
dc.description.abstractSMPIT As-Salam Malang merupakan salah satu lembaga pendidikan di tingkat menengah yang memadukan antara pendidikan umum dengan agama. Ketika peneliti melakukan observasi pada saat pembelajaran Al-Qur’an Hadist di dalam kelas ketika guru menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Siswa terlihat bermain sendiri dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Pelajaran terlihat membosankan karena siswa hanya mendengar penjelasan guru, siswa juga sulit menangkap dan memahami materi tajwid yang cukup banyak. Kemudian guru mencoba menggunakan strategi pembelajaran yang bertujuan untuk mengaktifkan suasana belajar siswa. Salah satunya dengan metode yang dapat meningkatkan kreatifitas siswa adalah metode mind mapping. Tujuan dari penelitian(1) Mendeskripsikan Perencanaan Implementasi Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Materi Tajwid Di SMPIT As-Salam Malang.(2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Materi Tajwid Di SMPIT As-Salam Malang.(3) Mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Implementasi Metode Pembelajaran Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Materi Tajwid di SMPIT As-Salam Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan tempat penelitian di SMPIT As-Salam Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis pada data dilakukan dengan cara merangkum data yang penting kemudian dilakukan penarikan kesimpuan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan wawancara mendalam, pengamatan lebih lama, diskusi dengan teman sejawat dan tringulasi. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti mengenai “Implementasi Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Materi Tajwid di SMPIT As-Salam Malang” dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Perencnaan Implementasi Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Materi Tajwid yaitu: a.Guru membuat RPP,b.menyiapkan media pembelajaran,c.memilih metode yang sesuai dengan materi d.menyiapkan bahan ajar(2) Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Materi Tajwid guru menggunakan bahan ajar berupa buku paket dan LKS. Proses pembelajaran guru menggunakan 3 tahap, yaitu : Tahap Pendahuluan, Tahap Inti, Tahap Penutup.(3) Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Implementasi Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Materi Tajwid, faktor pendukung adalah cepat memahami point yang dituju, penulisan lebih ringkas dan lebih menarik, siswa lebih bersemangat belajar,dapat mengasah kreatifitas dan imajinasinya. Faktor Penghambat kelompok siswa yang kurang kompak,rendahnya konsentrasi siswa, siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran. Kata Kunci: Implementasi, Metode Mind Mapping, Al-Qur’an Hadisten_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectMetode Mind Mappingen_US
dc.subjectAl-Qur’an Hadisten_US
dc.titleImplementasi Metode Mind Mapping pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Materi Tajwid di SMPIT As-Salam Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record