Show simple item record

dc.contributor.authorJannah, Hilyatul
dc.date.accessioned2022-08-02T04:55:24Z
dc.date.available2022-08-02T04:55:24Z
dc.date.issued2021-10-23
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4704
dc.description.abstractKemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan peserta didik dalam menyampaikan ide-ide atau gagasan matematika yang diungkapkan secara lisan maupun tulisan. Kemampuan peserta didik untuk menyampaikan informasi dengan tepat atau mengkomunikasikan gagasan melalui lisan maupun tertulis merupakan aspek penting yang sangat dibutuhkan dalam pembelajaran matematika. Selain itu kemampuan komunikasi matematis dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor dari dalam diri peserta didik salah satunya yaitu kecerdasan interpersonal dan intrapersonal. Peserta didik yang memiliki kecerdasan interpersonal dan intrapersonal akan lebih mudah dalam menginterpretasikan pemahaman mereka untuk menyelesaikan masalah matematika dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan komunikasi matematis peserta didik ditinjau dari kecerdasan interpersonal dan intrapersonal dengan kategori, yaitu kecerdasan interpersonal tinggi dan intrapersonal tinggi, kecerdasan interpersonal tinggi dan intrapersonal sedang, kecerdasan interpersonal tinggi dan intrapersonal rendah, kecerdasan interpersonal sedang dan intrapersonal tinggi, kecerdasan interpersonal sedang dan intrapersonal sedang, kecerdasan interpersonal sedang dan intrapersonal rendah, kecerdasan interpersonal rendah dan intrapersonal Iinggi, kecerdasan interpersonal rendah dan intrapersonal sedang, kecerdasan interpersonal rendah dan intrapersonal rendah.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs NU Menara Bawean dengan subjek penelitian yang digunakan sebanyak 9 orang yang dipilih berdasarkan klasifikasi tingkat kecerdasan interpersonal dan intrapersonal. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi teknik, dimana peneliti membandingkan hasil angket, tes, dan wawancara. Adapun analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diperoleh sebagai berikut: 1) Peserta didik dengan profil kemampuan komunikasi matematis dengan kategori kecerdasan interpersonal tinggi dan kecerdasan intrapersonal tinggi, memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis dan lisan sangat baik. 2) Peserta didik dengan profil kemampuan komunikasi matematis dengan kategori kecerdasan interpersonal tinggi dan kecerdasan intrapersonal sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis dan lisan dengan Sangat baik. 3) Peserta didik dengan profil kemampuan komunikasi matematis dengan kategori kecerdasan interpersonal tinggi dan kecerdasan intrapersonal rendah memiliki tingkat kemampuan komunikasi matematis berbeda yaitu komunikasi lisan lebih baik daripada komunikasi tulisnya. 4) Peserta didik dengan profil kemampuan komunikasi matematis dengan kategori kecerdasan interpersonal sedang dan kecerdasan intrapersonal tinggi, memiliki kemampuan komunikasi tulis dan lisan yang sangat baik. 5) Peserta didik dengan profil kemampuan komunikasi matematis dengan kategori kecerdasan interpersonal sedang dan kecerdasan intrapersonal sedang, memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis dan lisan yang cukup baik. 6) Peserta didik dengan profil kemampuan komunikasi matematis dengan kategori kecerdasan interpersonal sedang dan kecerdasan intrapersonal rendah, memiliki kemampuan komunikasi matematis lisan lebih baik daripada tulisnya. 7) Peserta didik dengan profil kemampuan komunikasi matematis dengan kategori kecerdasan interpersonal rendah dan kecerdasan intrapersonal tinggi, memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis lebih baik daripada lisannya. 8) Peserta didik dengan profil kemampuan komunikasi matematis dengan kategori kecerdasan interpersonal rendah dan kecerdasan intrapersonal sedang, memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis lebih baik daripada komunikasi matematis lisannya. 9) Peserta didik dengan profil kemampuan komunikasi matematis dengan kategori kecerdasan interpersonal rendah dan kecerdasan intrapersonal rendah, memiliki kemampuan komunikasi matematis kurang baik. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKeguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKemampuan Komunikasi Matematisen_US
dc.subjectKecerdasan Interpersonalen_US
dc.subjectIntrapersonalen_US
dc.subjectPendidikan Matematikaen_US
dc.titleProfil Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal Peserta Didik Kelas VIII MTs NU Menara Baweanen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record