Show simple item record

dc.contributor.authorRusnani
dc.date.accessioned2020-11-20T03:20:09Z
dc.date.available2020-11-20T03:20:09Z
dc.date.issued2020-10-25
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/475
dc.description.abstractProduk agroindustri yang memiliki daya tarik salah satunya adalah agroindustri dengan bahan baku apel. Salah satu produk olahan apel adalah keripik apel, dalam penelitian ini yang dijadikan tempat penelitian adalah UKM Ramayana Agro Mandiri dengan merek Ramayana. Di kota Batu sendiri sudah banyak industri yang mengolah keripik apel, sehingga banyak macam merek yang beredar. Hal ini membuat konsumen berhadapan dengan berbagai alternatif yang ada, sehingga konsumen cenderung memiliki preferensi tertentu sebelum melakukan proses pengambilan keputusan dalam membeli. Sehingga membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Faktor-faktor Sosial Ekonomi Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Keripik Apel Ramayana”. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui deskripsi keputusan pengunjung dalam membeli keripik apel ramayana. (2) untuk mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi keputusan pengunjung dalam membeli keripik apel ramayana. Penelitian ini dilakukan pada bulan juli 2020. Metode penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive sampling) di Brawijaya Istana Oleh-oleh, Istana Oleh-oleh De Duwa, dan Goldia Camilan Kota Batu, Jawa Timur. Pemilihan responden menggunakan teknik Accidental Sampling yaitu teknik penentuan responden berdasarkan kebetulan, siapa saja yang bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sebagai sampel. Sampel yang digunakan berjumlah 50 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi model logit. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa terdiri dari 6 variabel yaitu harga (X1), kualitas (X2), pendapatan (X3), jenis kelamin (X4), akses informasi (X5), usia (X6), dengan tingkat kepercayaan α 85%. Dari ke 6 faktor tersebut ada 1 faktor yang berpengaruh nyata terhadap keputusan konsumen keripik apel ramayana yaitu harga (X1) dengan nilai signifikan 0,012 yang mana nilai signifikan tesebut dibawah 0,05. Sedangkan kualitas, pendapatan, jenis kelamin, akses informasi dan usia tidak berpengaruh terahadap keputusan konsumen keripik apel Ramayana. Saran yang dapat peneliti sampaikan dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk produsen tetap mempertahankan harga keripik apel yang sesuai dengan persepsi konsumen yaitu murah tetapi dengan kualitas yang baik dibandingkan dengan keripik apel merek lainnya, karena harga yang murah tersebut mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan akan meningkatkan pangsa pasar keripik apel ramayana. (2) Untuk produsen terus meningkatkan kualitas keripik apelnya untuk mempertahan kepercayaan konsumen terhadap keripik apel ramayana. (3) Untuk penelitian ini dapat dikembangkan lagi untuk penilitian selanjutnya dengan menambahkan lebih banyak promosi dan distribusi yang dapat menggambarkan keputusan konsumen dalam membeli produk dengan lebih baik. (4) Melihat koefisien determinasi hanya 46,3% maka peluang penilitian lanjutan untuk menambah variabel lain diluar di penelitian ini.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKonsumenen_US
dc.subjectKeripik Apel Ramayanaen_US
dc.titleFaktor-Faktor Sosial Ekonomi Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Keripik Apel Ramayana.en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record