dc.description.abstract | Berkembangnya pertanian di Indonesia dimasa sekarang ini telah menjadikan masyarakat yang berperan di sektor pertanian mengembangkan usahanya dengan mengolah hasil pertanian. Pengolahan hasil pertanian menjadi aneka makanan dapat menciptakan nilai tambah pada komoditi tersebut dan sektor agroindustri juga mengalami peningkatan karena kenaikan tingkat konsumsi bahan pangan. Salah satu produk pangan yang permintaanya meningkat adalah singkong. Peran penting strategi industri kecil ini untuk perekonomian berkaitan erat dengan sifat-sifat dasar dari industri kecil itu sendiri. Industri kecil seperti UMKM keripik singkong Wijaya banyak mengalami pesaingan sehingga sangat diperlukan adanya strategi pengembangan usaha salah satunya dalam hal pemasaran. Keripik singkong Wiijaya sudah berhasil menembus pasar luar negeri yaitu Negara Hongkong, meskipun masih tergolong UMKM kecil tetapi penjualannya selalu mengkat dan eksis sampai dengan saat ini.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen terdahap keputusan pembelian keripik singkong Wijaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2021 sampai dengan Maret 2022 dan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive sampling) pada UMKM keripik singkong Wijaya di Kelurahan Pagentan Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Pendekatan penelitian dengan studi kasus dan jenis data yang digunakan meliputi data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa literatur yang mendukung. Metode pengambilan sampel menggunakan quota sampling sebanyak 100 responden dan metode analisis menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis yang dilakukan menggunakan regresi linier berganda secara parsial menunjukkan pengaruh positif dengan diketahui model persamaan regresi adalah: Y= 1,131 - 0,030X1 - 0,039X2 + 0,127X3 - 0,040X4 + 0,053X5 - 0,049X6 + 0,202X7 + 0,256X8 - 0,004X9 + 0,416X10 - 0,016X11. Hasil analisis data tentang tujuan yang pertama dijelaskan secara desktiptif mengenai bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian keripik singkong Wijaya adalah deskripsi karakteristik responden disimpulkan dengan hasil tertinggi yaitu, berjenis kelamin perempuan dengan usia 40-49 tahun, pendidikan terakhir sarjana/diploma rata-rata pekerjaannya sebagai pegawai swasta dengan pendapatan Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000 yang memiliki jumlah anggota keluarga 3 – 4 anggota, frekuensi pembelian terbanyak sebulan sekali yang didapatkan dari membeli pada outlet/toko keripik singkong Wijaya.
Hasil analisis data pada nilai Adjusted R Square (R2) sebesar 73,3% hal ini menunjukkan bahwa keseluruhan variabel mampu menjelaskan pengaruh terhadap keputusan pembelian keripik singkong Wijaya. Hasil uji F menujukkan Sig. F < 0,05 artinya secara simultan produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, tampilan fisik,kinerja, posisi, kesenangan, rujukan sebagai referensi berpengaruh terhadap keputusan pembelian keripik singkong Wijaya. Hasil uji t diperoleh faktor yang berpengaruh signifikan < 0,05 meliputi variabel tempat (X3), kinerja (X6), tampilan fisik (X7), kesenangan (X10) sedangkan faktor yang tidak berpengaruh signifikan > 0,05 meliputi variabel produk (X1), harga (X2), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), posisi (X9), dan rujukan sebagai refensi (x11).
Saran dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemasaran keripik singkong Wijaya dapat dilakukan dengan mengubah desain produk yang lebih menarik dan meningkatkan promosi pada sosial media sehingga dapat menaikan jumlah penjualan. Untuk meningkatkan pelayanan keripik singkong Wijaya produsen dapat mengadakan pelatihan kepada karyawan agar dapat meningkatkan skill para karyawan sehingga dapat melayani konsumen lebih baik lagi. Untuk menjaga eksistensi keripik singkong Wijaya produsen dapaat meningkatkan lagi kualitas yang sudah ada agar tetap unggul daripada produk lainnya yang sejenis. Peneliti selanjutnya dapat meneliti tentang perilaku konsumen yang berhubungan dengan keputusan pembelian, sehingga lebih diketahui akan pemahaman tentang keputusan pembelian keripik singkong Wijaya.
Kata Kunci : Pengaruh Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Keripik Singkong Wijaya | en_US |