Analisis Kualitatif Pelayanan dan Kinerja Keuangan pada Masa Covid 19 di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan dan kinerja keuangan pada masa covid 19 di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang. Pada kinerja keuangan melalui analisis rasio profitabilitas dan rasio likuiditas. Model pada penelitian yang dilakukan adalah melalui penelitian lapangan, menganalisis laporan keuangan untuk mengetahui tingkat perbandingan analisis rasio profitabilitas dan rasio likuiditas pada masa covid 19.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk menganalisis kualitas pelayanan pada masa covid 19 banyak mengalami perubahan yang dapat ditinjau ditinjau dari kinerja karyawan yaitu motivasi karyawan dalam bekerja, peningkatan mutu kualitas diri yang dapat dilihat dari capaian kinerja karyawan yang bekerja secara efektif dan efisiensi, perubahan prosedur dalam bekerja, cara berfikir karyawan dan kelemahan pelayanan pada masa covid 19. Untuk menganalisis kinerja keuangan pada perhitungan rasio profitabilitas yang meliputi return on assets dan return on equity dapat dilihat dari ketiga arus kas dari aktivitas operasi yang menyajikan pendapatan dan pengeluaran rumah sakit yang mengalami kenaikan dan penurunan pada tahun 2019 dan 2020. Pada perhitungan rasio likuiditas yang meliputi current ratio dapat dilihat dari jumlah aktiva/aset lancar dan kewajiban jangka pendek pada tahun 2019 dan 2020 menunjukkan kinerja keuangan mengalami penurunan dari tahun 2019 ke tahun 2020 dan dapat dikatakan baik dikarenakan kewajiban jangka pendek nya telah berkurang dari tahun 2019 ke tahun 2020.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Analisis Rasio Profitabilitas, Analisis Rasio Likuiditas dan Kinerja Keuangan.