dc.description.abstract | Kemampuan penalaran matematis merupakan kemampuan yang dibutuhkan oleh peserta didik dalam memahami materi matematika dan menyelesaikan permasalahan matematika. Penalaran matematis mempunyai peranan penting bagi peserta didik, dimana jika penalaran matematis baik maka peserta didik akan mudah dalam memahami materi matematika. Salah satu faktor yang memengaruhi tercapainya kemampuan penalaran matematis peserta didik adalah minat belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis pada materi Himpunan ditinjau dari minat belajar peserta didik kelas VII SMP Islam Al Maarif 01 Singosari dan mendeskripsikan tingkat kemampuan penalaran matematis pada materi Himpunan ditinjau dari minat belajar peserta didik kelas VII SMP Islam Al Maarif 01 Singosari. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII di SMP Islam Al Maarif 01 Singosari dengan jumlah peserta didik 25 orang. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan yaitu pemberian tes, angket, dan wawancara. Angket minat belajar diberikan kepada 25 peserta didik. Dari masing-masing tingkat minat belajar dipilih dua peserta didik yang dijadikan subjek penelitian dengan kategori minat belajar tingkat tinggi, sedang, dan rendah yang akan diberi soal kemampuan penalaran matematis dan selanjutnya diwawancarai untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam.
Validasi data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik untuk menguji keabsahan data dengan membandingkan hasil tes kemampuan penalaran matematis dan hasil wawancara. Setelah data yang diperoleh valid, maka dilakukan analisis data untuk memperoleh kesimpulan kemampuan penalaran ditinjau dari minat belajar peserta didik berdasarkan kategori tingkat tinggi, sedang, dan rendah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis pada materi Himpunan ditinjau dari minat belajar adalah sebagai berikut. (a) Peserta didik dengan minat belajar kategori tinggi mampu menyajikan pernyataan matematika melalui tulisan atau gambar, mampu mengajukan dugaan, belum mampu memberikan alasan terhadap kebenaran solusi, mampu memeriksa kesahihan suatu argumen, dan mampu menarik kesimpulan dari pernyataan. (b) Peserta didik dengan minat belajar kategori sedang mampu menyajikan pernyataan matematika melalui tulisan atau gambar, belum mampu mengajukan dugaan, belum mampu memberikan alasan terhadap kebenaran solusi, belum mampu memeriksa kesahihan suatu argumen, dan belum mampu menarik kesimpulan dari pernyataan. (c) Peserta didik dengan minat belajar kategori rendah belum mampu menyajikan pernyataan matematika melalui tulisan atau gambar, belum mampu mengajukan dugaan, belum mampu memberikan alasan terhadap kebenaran solusi, belum mampu memeriksa kesahihan suatu argumen, dan belum mampu menarik kesimpulan dari pernyataan. Sedangkan hasil tingkat kemampuan penalaran matematis pada materi Himpunan ditinjau dari minat belajar peserta didik adalah sebagai berikut. 1) Peserta didik yang memiliki minat belajar tingkat tinggi mempunyai kemampuan penalaran matematis rendah dan tinggi. 2) Peserta didik yang memiliki minat belajar tingkat sedang mempunyai kemampuan penalaran matematis rendah dan sedang. 3) Peserta didik yang memiliki minat belajar tingkat rendah mempunyai kemampuan penalaran matematis kategori rendah.
Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Himpunan, Minat Belajar | en_US |