Show simple item record

dc.contributor.authorQomariyah
dc.date.accessioned2022-08-10T02:10:27Z
dc.date.available2022-08-10T02:10:27Z
dc.date.issued2021-12-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4909
dc.description.abstractKemampuan komunikasi matematis sangat penting dalam pembelajaran matematika dan perlu dimiliki oleh setiap peserta didik. Dengan adanya kemampuan komunikasi matematis yang baik dapat membantu peserta didik dalam memahami pelajaran matematika dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, komunikasi matematis sangat berperan penting dalam pembelajaran matematika. Salah satu aspek pendukung keberhasilan belajar diantaranya minat belajar yang tinggi dan kemampuan komunikasi matematis yang baik, sehingga ditanamkan dalam diri peserta didik khususnya dalam pembelajaran matematika agar mampu memahami berbagai persoalan baik dalam segi pemahaman materi maupun dalam penyelesaian soal matematika dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malang yang memiliki minat belajar tinggi pada materi pola bilangan; (2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malang yang memiliki minat belajar sedang pada materi pola bilangan; (3) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malang yang memiliki minat belajar rendah pada materi pola bilangan Ma’arif 02 Malang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Adapun yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan subjek penelitian sebanyak enam peserta didik yang dipilih berdasarkan klasifikasi kategori tingkat minat belajar yaitu kategori minat belajar tinggi, minat belajar sedang, dan minat belajar rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Selain itu, analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan kesimpulan bahwa (1) subjek dengan kategori minat belajar tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis yang sangat baik, dengan memenuhi tiga indikator kemampuan komunikasi matematis yang terdiri dari Written text, Drawing, dan Mathematical expressions. (2) subjek dengan kategori minat belajar sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik, dengan memenuhi dua dari tiga indikator kemampuan komunikasi matematis yang terdiri dari Drawing & Mathematical expressions pada subjek-3, dan Written text & Mathematical expressions pada subjek 4; (3) subjek dengan kategori minat belajar rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis yang kurang baik, karena hanya mampu memenuhi satu dari tiga indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu Written text. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Minat Belajar, Pola Bilangan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKeguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPendidikan Matematikaen_US
dc.subjectKemampuan Komunikasi Matematisen_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.subjectPola Bilanganen_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Minat Belajar pada Materi Pola Bilangan Peserta Didik Kelas VIII SMP Islam Ma’arif 02 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record