Show simple item record

dc.contributor.authorDamayanti, Fina Putri
dc.date.accessioned2022-08-15T04:06:48Z
dc.date.available2022-08-15T04:06:48Z
dc.date.issued2022-07-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4927
dc.description.abstractPentingnya kemampuan berpikir kreatif pada siswa yaitu sebagai cara menghasilkan ide-ide yang dapat diterapkan tidak hanya dalam pembelajaran matematika tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara untuk mengetahui proses berpikir kreatif yaitu dengan pemberian masalah tipe MST (Multiple Solution Task). MST merupakan salah satu tugas untuk memecahkan masalah yang mempunyai banyak cara penyelesaian berbeda. Kemampuan berpikir kreatif siswa dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya yaitu SRL (Self-regulated learning). SRL merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa untuk menjadikan siswa lebih mandiri dalam melakukan kegiatan pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah Multiple solution task ditinjau dari Self-regulated learning tinggi; (2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah Multiple solution task ditinjau dari Self-regulated learning sedang; (3) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah Multiple solution task ditinjau dari Self-regulated learning rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Diponegoro Tumpang yang terletak di Jl. Tunggul Ametung No.67, Tumpang, Kec. Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada bulan Maret sd April Tahun 2022. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes dan wawancara. Subjek dipilih sesuai dengan klasifikasi tingkatan kemampuan berpikir kreatif (TKBK) serta mewakili dari masing-masing kategori Self-regulated learning siswa. Empat subjek penelitian terdiri dari satu orang dengan TKBK 4 (sangat kreatif) dengan kategori Self-regulated learning tinggi, satu orang dengan TKBK 3 (kreatif) dengan kategori Self-regulated learning sedang, satu orang dengan TKBK 2 (cukup kreatif) dengan kategori Self-regulated learning sedang dan satu orang dengan TKBK 0 (tidak kreatif) dengan kategori Self-regulated learning rendah. Adapun teknik analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek dengan kategori Self- regulated learning tinggi dapat memenuhi ketiga indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan yaitu: mampu memahami masalah dengan baik, dapat memberikan jawaban yang bervariasi, serta dapat memberikan jawaban yang baru secara terperinci dan cukup jelas. Sehingga dapat dikategorikan dalam TKBK 4 (sangat kreatif); (2) subjek dengan kategori Self-regulated learning sedang menunjukkan bahwa tingkat keterampilan berpikir kreatif yang berbeda-beda. Subjek pertama yang memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu: mampu memahami masalah dengan cukup baik, serta dapat memberikan jawaban yang bervariasi. Sehingga subjek tersebut dikategorikan dalam TKBK 3 (kreatif). Sedangkan subjek kedua yang hanya memenuhi indikator fleksibilitas yaitu dari dua soal hanya mampu memberikan masing-masing satu jawaban dan dijawab dengan benar, sehingga subjek tersebut dikategorikan dalam TKBK 2 (cukup kreatif); (3) subjek dengan kategori Self-regulated learning rendah tidak mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan berpikir kreatif, artinya subjek tersebut tidak dapat memahami dan menyelesaikan masalah dengan baik sehingga dikategorikan dengan TKBK 0 (tidak kreatif). Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Multiple Solution Task, Self- Regulated Learningen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKeguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPendidikan Matematikaen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kreatifen_US
dc.subjectMultiple Solution Tasken_US
dc.subjectSelf- Regulated Learningen_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Multiple Solution Task Ditinjau dari Self- Regulated Learning Siswa Kelas VII-B SMP Diponegoro Tumpangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record