Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh : (1) Kecerdasan Emosional terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, (2) Kecerdasan Spiritual terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, (3) Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jenis penelitian ini adalah kausal komparatif. Data pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi angkatan 2018, 2019, 2020, dan 2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada Universitas Islam Malang, Universitas Islam Negeri Malang Maulana Malik Ibrahim, dan Univeritas Negeri Malang. Sampel dalam penelitian ini sebesar 312 responden yang ditentukan dengan rumus slovin dan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan pemahaman kode etik profesi akuntan berpengaruh signifikan terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, pemahaman kode etik profesi akuntan berpengaruh signifikan terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan, dan Perilaku Etis Mahasiswa Akuntasi.