dc.description.abstract | E-module matematika berbasis website menggunakan aplikasi exelearning adalah bahan ajar matematika berbentuk modul elektronik dan dikemas dalam bentuk website serta pengerjaan e-module menggunakan aplikasi exelearning, yaitu aplikasi yang digunakan untuk membuat bahan ajar berbasis website. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwasannya sekolah yang diteliti masih sering menggunakan media pembelajaran berupa buku dan papan tulis. Sehingga pengembangan e-module matematika berbasis website menggunakan aplikasi exelearning pada materi barisan untuk membudayakan kemandirian belajar peserta didik kelas XI ini merupakan metode penelitian untuk membuat produk e-module matematika berbasis website dengan aplikasi exelearning pada materi barisan yang dilengkapi dengan tampilan-tampilan interaktif guna menciptakan proses pembelajaran yang menarik dan membudayakan kemandirian belajar peserta didik khususnya kelas XI. Maka berdasarkan hasil analisis karakteristik peserta didik, menunjukkan bahwa terdapat 60% peserta didik tidak memahami dan 4% peserta didik sangat tidak memahami materi barisan. Selain itu, hasil dari analisis kemandirian belajar yang juga dilakukan kepada 59 peserta didik SMA Negeri 2 Trenggalek dan MAN 1 Trenggalek didapatkan 57% peserta didik setuju dan 28% peserta didik sangat setuju apabila media pembelajaran berbentuk e-module matematika berbasis website dapat menumbuhkan kemandirian belajar peserta didik.
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa e-module matematika berbasis website menggunakan aplikasi exelearning pada materi barisan kelas XI. Tujuan penelitian pengembangan ini secara rinci adalah sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan proses pengembangan e-module matematika berbasis website menggunakan aplikasi exelearning pada materi barisan untuk membudayakan kemandirian belajar peserta didik kelas XI, 2) Mendeskripsikan hasil pengembangan e-module matematika berbasis website menggunakan aplikasi exelearning pada materi barisan untuk membudayakan kemandirian belajar peserta didik kelas XI, dan 3) Mendeskripsikan hasil uji coba produk pengembangan e-module matematika berbasis website menggunakan aplikasi exelearning pada materi barisan untuk membudayakan kemandirian belajar peserta didik kelas XI.
Model penelitian pengembangan yang digunakan untuk menghasilkan produk tersebut adalah model prosedural dengan model ADDIE. Model ADDIE terdiri atas lima tahapan antara lain: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi). Pada penelitian pengembangan ini terdapat beberapa ahli meliputi satu validasi ahli materi, satu validasi ahli desain pembelajaran, satu validasi ahli media untuk menilai kevalidan produk dan penelitian ini dilakukan uji coba produk secara terbatas kepada empat validator praktisi serta 20 peserta didik kelas XI SMA/MA dari dua sekolah yang berbeda sebagai pengguna atau user untuk menilai kepraktisan produk. Terdapat dua jenis data pada penelitian pengembangan ini, yaitu 1) data kuantitatif yang diperoleh sari penilaian skor angket validasi produk dan 2) data kualitatif yang diperoleh dari saran serta komentar pada angket validasi produk.
Berdasarkan rumusan masalah pada penelitian pengembangan dipaparkah hasil sebagai berikut: 1) Telah dilakukan analisis kebutuhan yang dilakukan kepada empat guru matematika dan 59 peserta didik dari SMA Negeri 2 Trenggalek dan MAN 1 Trenggalek diperoleh presentase pada analisis aspek kebutuhan 83,4% guru setuju dan 8,3% guru sangat setuju apabila ada media yang digunakan dalam proses pembelajaran berbentuk e-module matematika berbasis website yang juga bertujuan untuk membudayakan kemandirian belajar peserta didik. Kemudian pada analisis aspek kebutuhan peserta didik 36,9% peserta didik sangat setuju dan 59,3% peserta didik setuju apabila terdapat media pembelajaran yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran, 2) Hasil pengembangan berupa e-module matematika berbasis website menggunakan aplikasi exelearning dan terdapat beberapa bagian yang telah tersedia diantaranya adalah halaman pendahuluan (homepage), kata pengantar, peta konsep, pendahuluan (petunjuk penggunaan e-module), kompetensi inti, kompetensi dasar, kegiatan belajar 1 sampai kegiatan belajar 4 yang berisi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, forum diskusi, latihan soal, rangkuman, umpan balik, dan kuis, serta evaluasi, video pembelajaran, glosarium, daftar pustaka, dan profil penyusun, dan 3) berdasarkan hasil uji coba kelayakan atau kevalidan produk validator ahli didapatkan rata-rata per validator pada validasi ahli materi, validasi ahli desain pembeljaaran, dan validasi ahli media secara berturut-turut adalah 3,49; 3,8; dan 3,47. Sehingga rata-rata validator ahli secara keseluruhan adalah 3,58. Oleh karena itu dapat diambil kesimpulan bahwa produk sudah layak atau valid dan dapat digunakan. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba kepraktisan didapatkan rata-rata praktisi dan pengguna atau user berturut-turut adalah 3,95 dan 3,8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk e-module matematika berbasis website menggunakan aplikasi exelearning praktis dan dapat digunakan.
Mengingat hasil pengembangan produk memiliki manfaat dalam pembelajaran, adapun saran kebermanfaatan dari pengembangan ini yaitu guru disarankan untuk dapat merancang pembelajaran yang mengarahkan peserta didik agar mampu menggali potensi dan pemahamannya berdasarkan alur kegiatan pada e-module matematika berbasis website menggunakan aplikasi exelearning.
Kata Kunci: Pengembangan E-Module Matematika, Website, Aplikasi Exelearning, Materi Barisan, Kemandirian Belajar | en_US |