Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul (Book Creator) Aktivitas Liburan Menilik Pesona Indonesia pada Pembelajaran BIPA Tingkat Dasar
Abstract
Penerapan kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing atau BIPA sangat cocok apabila menggunakan media pembelajaran yang menarik, interaktif, menambah wawasan, dan mudah untuk diakses. Dengan adanya media pembelajaran dapat membatu pengajar dalam proses pembelajarann agar suasana pembelajaran tidak mudah bosan dan materi lebih mudah untuk diterima. Dengan dikaitkannya materi bahasa Indonesia dengan konten aktivitas liburan akan mempermudah pebelajar asing agar mendapatkan gambaran nyata mengenai apa yang sedang dipelajari dan akan meningkatkan minat belajar peserta didik program BIPA.
Adanya media pembelajaran e-Modul atau modul digital akan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajajar karena, kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan secara daring mengingat sekarang pada masa Pandemi Covid-19. Dengan adanya e-Modul pebelajar BIPA dapat belajar secara mandiri dimana saja dan kapan saja. Dengan materi yang dikaitkan dengan aktivitas liburan menilik pesona Indonesia yang akan memberikan gambaran langsung mengenai keindahan Indonesia.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kebutuhan pengembangan media pembelajaran e-Modul untuk pembelajaran BIPA tingkat dasar, mendiskripsikan proses pengembangan media pembelajaran e-Modul, dan mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran e-Modul untuk pembelajaran BIPA tingkat dasar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan yang dilakukan dengan cara mendeskripsikakan data analisis kebutuhan pengajar dan validasi oleh para ahli di Universitas Islam Malang. Pada penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran e-Modul bagi BIPA tingkat dasar. Dalam penelitian pengembangan media pembelajaran e-Modul bagi BIPA tingkat dasar, penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Subjek uji coba pengembangan media pemvelajaran e-Modul untuk pebelajar BIPA tingkat dasar di Universitas Islam Malang.
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dari penlilaian produk yang telah dikembangkan. Data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar dari ahli. Data kualitatif diperoleh dari analisis kebutuhan pengajar dan hasil wawancara anatara peneliti dengan koordinator BIPA Universitas Islam Malang. Data kuantitatif akan diperoleh dari hasil skor lembar penilaian. Penskoran tersebut diperoleh dari lembar validasi ahli media dan ahli materi.
ketepatan produk yang telah disusun kemudian dinilai. Ketepatan produk ditinjau dari data hasil validasi produk dan menghasilkan presentase penilaian ahli meedia dapat diketahui hasil rata-rata presentase validasi ahli media yaitu 93% atau layak dan valid untuk di uji cobakan dengan memperhatikan catatan ahli dengan sedikit revisi. Ahli Materi memberikan penilaian degan presentase 70% atau layak dan valid untuk digunakan dengan revisi dan memperhatikan catatan ahli.
Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, E-Modul, BIPA