Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, E-Commerce dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Mahasiswa Akuntansi untuk Berwirausaha di masa Pandemi (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengetahuan kewirausahaan, e-commerce, dan sistem informasi akuntansi terhadap keputusan wirausaha dimasa pandemi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengetahuan kewirausahaan, e-commerce, dan sistem informasi akuntansi. Sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan berwirausaha. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan metode pengumpulan data dengan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang angkatan 2018 dan 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling yang mengacu pada rumus Slovin. Dalam penelitian ini, data yang dapat diolah adalah 83 responden. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengetahuan kewirausahaan, e-commerce dan sistem informasi akuntansi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan berwirausaha mahasiswa dimasa pandemi. 2) Pengetahuan berwirausaha berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berwirausaha mahasiswa dimasa pandemi. 3) E-commerce berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berwirausaha mahasiswa dimasa pandemi. 4) Sistem informasi akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berwirausaha mahasiswa dimasa pandemi.
Kata Kunci: pengetahuan kewirausahaan, e-commerce, sistem informasi akuntansi, keputusan berwirausaha.