Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita menggunakan Teknik 3M (Mengamati Meniru Menambahi) pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Sunan Bonang
Abstract
Keterampilan menulis teks berita merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting. Keterampilan menulis teks berita bertujuan untuk meningkatkan aspek komunikatif dan produktif. Peningkatan keterampilan menulis teks berita perlu ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan dan teknik belajar yang tepat. Teknik pembelajaran yang bukan hanya dapat mengondisikan suasana pembelajaran, melainkan langkah intensif yang berhubungan langsung dengan kegiatan menulis teks berita. Salah satu teknik yang tepat dalam pembelajaran menulis teks berita adalah teknik 3M.
Permasalahan yang muncul adalah bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks berita menggunakan teknik 3M, serta bagaimana perubahan perilaku siswa setelah diterapkan teknik 3M dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks berita dan perubahan perilaku siswa selama mengikuti pembelajaran dengan teknik 3M. Manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini ada dua macam yaitu manfaat praktis dan manfaat teoretis. Manfaat teoritisnya yaitu memberi sumbangan informasi dan masukan bagi pengembangan teori pembelajaran keterampilan menulis teks berita. Hasil penelitian ini juga memiliki manfaat praktis bagi guru, siswa, dan sekolah dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran keterampilan menulis. Keterampilan menulis merupakan aspek standar kompetisi yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Salah satu standar kompetensi aspek menulis pada jenjang SMP kelas VIII semester genap yaitu siswa mengungkap informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan/poster. Sedangkan kompetensi dasarnya yaitu siswa menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas (Depdiknas 2011:9¬)
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Islam Sunan Bonang. Penelitian ini terbagi atas tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan soal tes, pengamatan, wawancara, jurnal, sosiometri, dan dokumentasi foto. Analisis data meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif menunjukkan hasil tes menulis teks berita, sedangkan data kuantitatif menunjukkan perubahan perilaku siswa.
Teknik 3M dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita pada siswa. Oleh karena itu, siswa, guru, dan lembaga pendidikan seharusnya menggunakan teknik 3M dalam upaya meningkatkan hasil pembelajaran menulis teks berita.
Kata kunci: Menulis, Berita, 3M