View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Indonesian Language Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Indonesian Language Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital pada Materi Teks Drama Kelas XI MAN Kota Batu sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Thumbnail
View/Open
Publish (1.312Mb)
Fulltext (12.21Mb)
Date
2022-07-11
Author
Wahyusanti, Lita Yudanti
Metadata
Show full item record
Abstract
Pembelajaran daring dalam dunia pendidikan bermula karena adanya wabah virus covid-19, dimana semua kegiatan tidak dapat dilakukan sepenuhnya secara luring melainkan dilakukan secara daring. Pembelajaran daring di masa pandemi tentu perlu menggunakan perangkat pembelajaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi. Salah satu media pembelajaran yang sesuai digunakan dalam kegiatan pembelajaran daring adalah Flipbook Digital. Flipbook Digital merupakan media pembelajaran berbentuk lembaran-lembaran kertas berbentuk album buku yang memiliki tampilan audivisual yang menarik dan komunikatif yang bisa diakses secara online sekaligus menjadi alternatif untuk menunjang pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut (1) analisis kebutuhan guru dan kelompok kecil siswa mengenai kebutuhan pengembangan media pembelajaran Flipbook Digital, (2) mendeskripsikan hasil pengembangan produk media Flipbook Digital yang digunakan sebagai media pembelajaran daring, (3) mendeskripsikan hasil validasi kelayakan produk Flipbook Digital yang telah dikembangkan sebagai media pembelajaran daring. Model yang diterapkan dalam penelitian pengembangan ini adalah model R & D (Research and Development), model ini digunakan untuk menghasilkan suatu produk baru atau memperbaiki dan mengembangkan tertentu dengan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan R&D (Research and Development). Penelitian R&D merupakan soal model penelitian yang menghasilkan produk baru, atau memperbaiki dan menyempurnakan produk yang sudah ada. Hal ini dilakukan biasanya untuk menghasilkan produk dalam bidang tertentu yang lebih baik. Adapun prosedur dalam penelitian ini antara lain pengumpulan data, perencanaan, desain produk, validasi, desain, uji coba produk, uji coba pemakaian. Tahapan dalam validasi produk meliputi validasi produk, uji coba produk, instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi. Lembar validasi instrumen mengenai angket kebutuhan siswa kelas XI MAN Kota Batu, lembar validasi instrumen angket kebutuhan media pembelajaran untuk guru, validasi ahli bahasa, validasi ahli materi, validasi ahli perancang, validasi penilaian media pembelajaran Flipbook Digital untuk kelompok kecil siswa, lembar validasi untuk praktisi. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil analisis kebutuhan guru membutuhkan media pembelajaran Flipbook Digital di masa pandemi menunjukkan persentase 90%, (2) hasil analisis kebutuhan siswa membutuhkan media pembelajaran Flipbook Digital di masa pandemi menunjukkan persentase 97%, (3) hasil pengembangan produk dimulai dari perencanaan produk, desain produk, penyelesaian produk hingga hasil uji validasi produk. Hasil uji validasi dibagi menjadi empat yaitu ahli media dengan nilai persentase 96% (sangat setuju), ahli bahasa dengan nilai persentase 96% (sangat setuju), ahli perancang dengan nilai persentase 94% (sangat setuju) dan ahli materi dengan nilai persentase 94% (sangat setuju). Hasil analisis kebutuhan media oleh kelompok kecil menunjukkan nilai persentase 96,4% (sangat layak) untuk dijadikan media pembelajaran di masa pandemi. Penelitian pengembangan media Flipbook Digital mendapat persentase penilaian baik dari uji validasi ahli bahasa dengan skor persentase 96% dengan kategori penilaian sangat baik, validasi ahli perancang mendapatkan 94% dengan kategori penilaian sangat baik, validasi ahli media mendapatkan skor 96% dengan kategori sangat layak, angket penilaian praktis mendapatkan skor 96% dengan kategori penilaian sangat layak, dan angket penilaian siswa mendapatkan skor 96,4% dengan kategori penilaian sangat layak. Berdasarkan hasil validasi, membuktikan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk diterapkan sebagai perangkat media pembelajaran daring. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Flipbook Digital, Teks Drama, Pembelajaran Daring.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5000
Collections
  • UT - Indonesian Language Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group