Implementasi Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan (Studi Kasus Tentang Pelayanan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Islam Unisma Malang)

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Fajriansyah, Muhammad
dc.date.accessioned 2022-08-23T03:56:20Z
dc.date.available 2022-08-23T03:56:20Z
dc.date.issued 2022-06-21
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5021
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya keluhan Masyarakat terhadap kualitas Pelayanan Pasien BPJS Kesehatan di beberapa Rumah Sakit disini Penulis ingin mengetahui tentang bagaimana kualitas pelayanan dirumah Sakit Islam Unisma Malang. Bagi masyarakat kesehatan adalah kebutuhan dasar dan modal utama untuk hidup, karena setiap manusia berhak untuk hidup dan memiliki kesehatan yang layak, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan pasal 3 menyatakan bahwa pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi- tingginya. Berdasarkan uraian latar belakang yang ada diatas diatas maka penulis menyimpulkan poko permasalahannya yaitu : (1) Bagaiamana Pelaksanaan Kegiatan Pelayanan di RSI Unisma Malang Menggunakan BPJS? (2) Apa Faktor Penghambat Dalam Pelaksanaan Pelayanan BPJS? Penelitian ini dilaksanakan di RSI Unisma Malang di Jalan MT. Haryono No. 139, Malang. Keberadaan Rumah Sakit Islam Malang sangat mendukung terselenggarannya kebijakan BPJS Kesehatan dan memancing animo masyarakat untuk melakukan pengobatan serta mendapatkan pelayanan kesehatan dari tahun ke tahun semakin meningkat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana implementasi program BPJS di Rumah Sakit Islam Malang terealisasikan dengan baik. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah adalah melalui studi kepustakaan, wawancara dan observasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan Teori Miles dan Huberman bahwa aktivitas dalam analisisi data kulitatif dilakukakn secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus pada setiap tahapan penelitian sehingga sampai tuntas dan datanya jenuh. Selama dalam prosesnya , pengumpulan data dilakukan tiga tahapan penting. Diantaranya : reduksi data, penyajian data, dan verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan kegiatan pelayanan dirumah sakit islam malang terbilang baik meskipun masih ada beberapa hal yang mesti di tingkatkan lagi. Adapun dampak positif yang dirasakan para pengguna BPJS Kesehatan, yaitu: biaya pengobatan terjamin, mempunyai asuransi, dan iuran bulanan terjangkau. Sedangkan dampak negatif yang dirasakan adalah tentang lamanya daftar tunggu rawat inap di rumah sakit, adanya keterbatasan obat, dan harus mengikuti aturan rujukan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan program BPJS di Rumah Sakit Islam Malang. Kata Kunci: Implementasi, Program BPJS, Pelayanan Kesehatan en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Program BPJS en_US
dc.subject Pelayanan Kesehatan en_US
dc.title Implementasi Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan (Studi Kasus Tentang Pelayanan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Islam Unisma Malang) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account