Implementasi Blended Learning Menggunakan LMS pada Pembelajaran Teks LHO Siswa Kelas X AKL SMKN Darul Ulum Muncar Banyuwangi
Abstract
Pembelajaran merupakan kegiatan yang harus dapat dilakukan dengan cara kreatif dan mendidik. Keadaan pascapandemi seperti sekarang ini, pendidik harus kreatif untuk melakukan kegiatan pembelajaran modern berbasis teknologi yang harus diterapkan. Oleh karena itu, meskipun dalam keadaan tidak tatap muka, kegiatan belajar mengajar tetap harus berjalan. Pada jaman teknologi yang berkembang pesat, banyak sekali platform media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk belajar di dalam kelas maupun pembelajaran jarak jauh. Pendidik dapat mengkerasikan konsep pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar dan mengemas menjadi pembelajaran menarik dengan memanfaatkan teknologi.
Penelitian ini mempunyai beberapa fokus penelitian yakni mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian blended learning menggunakan aplikasi LMS pada pembelajaran teks LHO siswa kelas X jurusan AKL di SMKN Darul Ulum Muncar. Tujuan dari penelitian ini merupakan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dengan model blended learning dengan memanfaatkan learning management system pada pembelajaran teks LHO siswa kelas X AKL di SMKN Darul Ulum Muncar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu metode yang melibatkan penelitian secara langsung untuk mengamati objek yang diteliti. Peneliti juga melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap program, kejadian, proses, aktivitas, terhadap satu orang atau lebih yang terjadi di sekolah yang dijadikan objek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan langkah-langkah mereduksi data, pengklasifikasian data, verifikasi data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian ini terdapat perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran teks LHO dengan memanfaatkan LMS. Tahap perencanaan dilakukan dengan baik sesuai prosedur yang ditentukan. Pendidik telah menyusun RPP yang sesuai dengan materi ajar dan tetap menerapkan LMS di dalamnya. Perencanaan disusun dengan detail, tersrtuktur, dan sistematis. Jadi, ketika menerapkannya di kelas, pendidik sangat lugas dalam penyampaian materi.
Pada tahap pelaksanaan dilakukan sesuai dengan perencanaan yang sebelumnya sudah dirancang di awal. Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan blended learning menggunakan aplikasi LMS pada pembelajaran teks LHO telah terlaksana secara terstruktur dan sesuai harapan. Proses pelaksanaan yang dilakukan antara pendidik dan peserta didik dapat dikatakan memperoleh predikat baik. Jadi, pembelajaran teks LHO di kelas X AKL 1, 2 dan 3 telah mencapai target yang dituju dengan hasil nilai akhir yang akan dijelaskan pada tahapan penilaian.
Penilaian yang diperoleh peserta didik sudah melampaui kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pendidik menggunakan instrumen yang selesai disusun sebelumnya dengan baik dan sesuai dengan kriteria penilian, yaitu terdapat 3 aspek: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Berdasarkan aspek-aspek tersebut pendidik menyusun instrumennya masing-masing dan menghasilkan nilai akhir yang memuaskan. Peserta didik mendapatkan nilai rata-rata di atas KKM. Pendidik telah menggabungkan nilai dari 3 aspek tersebut. Jadi, peserta didik mendapatkan nilai sesuai target pendidik.
Simpulan dari hasil penelitian ini adalah dapat diketahui bahwa hasil pembelajaran dengan menerapkan blended learning menggunakan LMS ternyata cukup baik. Pelaksanaan pembelajaran secara tatap muka dan tetap memanfaatkan teknologi yang ada pada saat ini, sangat bermanfaat bagi pendidik serta peserta didik. Pada masa transisi saat ini, dari masa pandemi ke masa kenormalan baru dapat menciptakan inovasi baru, yaitu pembelajaran berbasis teknologi, yang memudahkan pendidik juga peserta didik dalam pembelajaran. Hasil yang sudah teruraikan tersebut, dapat dikatakan pembelajaran menggunakan LMS ini layak sebagai sarana pembelajaran teks LHO.
Kata Kunci: Pembelajaran, Blended Learning, Learning Management System, Teks Laporan Hasil Observasi