Pengembangan E-Book Berkonten Budaya Maritim di Indonesia Sebagai Media Pembelajaran BIPA Tingkat Dasar
Abstract
Bahasa Indonesia kini sudah dikenal secara luas dan diminati oleh warga negara asing untuk dipelajari. Faktor geografis dari Indonesia yang strategis menjadikan Indonesia menjadi pengaruh dan juga memiliki potensi perkembangan bangsa dari segala bidang. Warga asing mempelajari bahasa Indonesia bisa melalui BIPA atau yang disebut Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Penggunaan media pembelajaran yang menarik diperlukan dalam pembelajaran BIPA agar bisa memotivasi pebelajar asing dalam mempelajari bahasa Indonesia.
Berdasarkan hasil wawancara ananlisis kebutuhan pengajar, didapatkan hasil yang berupa pebelajar asing membutuhkan media pembelajaran yang menarik, materi yang belum pernah diajarkan sebelumnya, seperti budaya maritim yang ada di Indonesia ini. Menurut koordinator BIPA juga menyebutkan kebutuhan dari pelajar BIPA dilihat dari kurikulum apa yang sedang digunakan. Dari wawancara pada pengajar ini maka media pembelajaran yang dikembangkan adalah e-book.
Dalam penelitian pengembangan ini memiliki tujuan pengembangan. Tujuan pengembangannya untuk mengetahui bagaimana hasil analisis kebutuhan media pembelajaran e-book berkonten budaya maritim di Indonesia sebagai media pembelajaran BIPA tingkat dasar. Bagaimana hasil proses pengembangan produk e-book berkonten budaya maritim di Indonesia sebagai media pembelajaran BIPA tingkat dasar. Bagaimana hasil uji coba produk e-book berkonten budaya maritim di Indonesia sebagai media pembelajaran BIPA tingkat dasar.
Pada penelitian pengembangan ini termasuk kedalam jenis penelitian R&D dan menggunakan model pengembangan 10 langkah milik Borg dan Gall yang disederhanakan sesuai dengan kebutuhan penelitian, dari 10 langkah menjadi 4 langkah yakni, tahap pengumpulan data, pembuatan produk, pengujian produk, revisi produk. Alasan mengapa memilih model pengembangan milik Borg dan Gall ini adalah karena model pengembangan ini lebih mudah dipahami. Selain itu, model ini sudah banyak digunakan pada penelitian lain.
Tahap pengumpulan data ini dilakukan dengan analisis kebutuhan pengajar BIPA dengan melakukan wawancara secara online, kemudian wawancara dengan koordinator BIPA di Universitas Islam Malang. Pada penelitian ini tidak menggunakan analisis kebutuhan pada pelajar dikarenakan keterbatasan dari pelajar BIPA yang berada di Universitas Islam Malang. Tahap pembuatan produk dilakukan dengan penyusunan rancangan produk yang berupa pemilihan media yang akan digunakan dan juga format e-book yang akan dikembangkan. Pada tahap pengujian produk, produk diujikan kepada praktisi yang merupakan seorang pengajar BIPA, ahli media dan juga ahli materi BIPA. pada tahap revisi produk dilakukan setelah produk melalui pengujian kepada para ahli dan juga praktisi.
Hasil analisis yang diperoleh dari pengujian produk yang dikembangkan sebagai berikut; (1) penilaian ahli materi BIPA mendapatkan nilai 3.25 dengan keterangan valid, (2) penilaian ahli media pembelajaran mendapatkan nilai 3.73 dengan keterangan valid, (3) penilaian oleh praktisi mendapatkan nilai 3.31 dengan keterangan balid. Dari seluruh penilaian ketiga aspek validator didapatkan hasil rata-rata sebesar 3.43 dan dinyatakan valid/tidak perlu revisi dan sudah layak digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan E-Book, Budaya Maritim di Indonesia, BIPA Tingkat Dasar.