Persepsi Mahasiswa Terhadap Etika Bisnis dan Etika Profesi di Pandang dari Segi Gender (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap etika bisnis dan etika profesi dipandang dari segi gender. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan penelitian komparatif. Populasi dari penelitian ini adalah Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Tahun Angkatan 2018 yakni sebanyak 291 mahasiswa. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling. AnalIsis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik yang disebut uji Beda Independen t-test. Langkah-langkah sebelum dilakukan pengujian Beda Independen t-test, dilakukan pengujian validitas, reliabilitas, dan normalitas data. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil uji t , independent variabel etika bisnis dan etika profesi menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa akuntansi laki-laki maupun perempuan tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari dua kelompok responden berdasarkan gender.
Kata Kunci: persepsi, etika bisnis, etika profesi, gender.