Show simple item record

dc.contributor.authorNurhidayah, Amin
dc.date.accessioned2022-09-09T01:37:06Z
dc.date.available2022-09-09T01:37:06Z
dc.date.issued2022-07-09
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5185
dc.description.abstractMadu merupakan bahan makanan yang istimewa karena rasa, nilai gizi dan khasiatnya yang tinggi. Selain itu madu memiliki pangsa pasar yang luas dan prospek yang baik, sehingga banyak peternak lebah madu berkompetisi dalam persaingan di bidang usaha ternak lebah madu. Pemasaran madu penting untuk diperhatikan, karena pemenuhan kebutuhan konsumen sebagai medis dan therapis serta perawatan kecantikan dan keperluan industri. Adanya persaingan yang ketat menyebabkan perusahaan untuk bisa lebih mengenalkan produknya dengan memperhatikan marketing mix 7P (product, promotion, place, price, people, process, physical evidence). Kualitas produk yang baik, pemasaran yang efektif, saluran distribusi yang tepat dan harga yang terjangkau akan mempengaruhi pembeli dalam mengkonsumsi madu dan meningkatakan citra perusahaan, sehingga produk dapat terjual secara optimal dan memperoleh keuntungan yang signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisa bauran pemasaran 7P yang diterapkan di PT Kembang Joyo Sriwijaya, (2) untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal pada PT Kembang Joyo Sriwijaya, (3) untuk menganalisa strategi pemasaran madu pada PT Kembang Joyo Sriwijaya. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara melalui kuisioner. Penentuan lokasi penelitian ditentukan dengan metode purposive (sengaja) di PT Kembang Joyo Sriwijaya Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Penelitian dilakukan di PT Kembang Joyo Sriwijaya dengan alasan karena sebagai salah satu tempat usaha madu yang ada di Malang yang menjual produk secara online dan offline. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Untuk analisis data menggunakan analisis matriks IFAS (Internal Factor Analysis Summary), matriks EFAS (External Factor Analysis Summary), matriks IE (Internal Eksternal), analisis SWOT dan analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Berdasarkan analisis IFAS, kekuatan utama ditunjukkan dengan skor sebesar 0,50 yaitu konsumen yang membeli dalam jumlah besar akan mendapatkan discount , dan kelemahan utama ditunjukkan dengan skor sebesar 0,50 yaitu tidak memiliki brosur diskon. Sedangkan berdasarkan analisis EFAS, peluang utama yaitu permintaan pasar dan kebutuhan konsumen akan madu meningkat dengan skor sebesar 0,70 dan ancaman utama yang dimiliki yaitu ditunjukkan dengan skor 0,52 adalah kondisi ekonomi berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan PT Kembang Joyo Sriwijaya. Berdasarkan hasil matriks IE yang telah dihitung, maka menunjukkan posisi perusahaan berada pada kuadran I, yaitu growth and build (tumbuh dan kembangkan). Dari hasil analisis SWOT menghasilkan sebelas alternatif strategi dan prioritas strategi alternatif terpilih yang tepat untuk direkomendasikan kepada “PT Kembang Joyo Sriwijaya” berdasarkan hasil analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) adalah mempertahankan kualitas produk untuk meningkatkan penjualan dengan total nilai atraktif (TAS) tertinggi sebesar 4,98. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah (1) PT Kembang Joyo Sriwijaya disarankan agar mengembangkan produk madu jenis baru dengan harga yang terjangkau dan sesuai keinginann konsumen sehingga dminati konsumen. Misalnya membuat produk dalam bentuk kristal atau membuat produk olahan madu seperti sabun, lulur, masker, dll. Agar menambah minat masyarakat terhadap madu. (2). Perusahaan disarankan mempertahankan kerjasama dengan mitra maupun pemasok dengan memberikan pelayanan yang baik atau memberikan harga khusus. Hal tersebut bertujuan agar usaha berjalan secara kontinyu. Usaha yang berjalan kontinyu menunjukkan bahwa perusahaan dapat mengatur dengan baik kondisi internal dan ekternal perusahaan, dimana dalam menjalankan aktivitas perusahaan dengan baik.(3). PT Kembang Joyo Sriwijaya disarankan memiliki lokasi gudang yang strategis agar tidak menggangu aktivitas warga setempat. Dan perusahaan dapat beroperasi secara lebih maksimal lagi.(4).Perusahaan disarankan meningkatkan startegi peneterasi pasar seperti penyesuaian harga, peningkatan promosi yang semakin efektif dan variatif baik di media online (ig, fb, lazada, tokopedia, shopee) maupun offline (brosur, spanduk, katalog), meningkatkan penggunaan barang agar semakin banyak orang yang menggunakan di daerah tersebut. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Industri Madu, PT Kembang Joyo Sriwijayaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPertanianen_US
dc.subjectAgribisnisen_US
dc.subjectStrategi Pemasaranen_US
dc.subjectIndustri Maduen_US
dc.subjectPT Kembang Joyo Sriwijayaen_US
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran Industri Madu Studi Kasus di PT Kembang Joyo Sriwijaya Kabupaten Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record