Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Penerapan E-Commerce (Studi pada Perusahaan yang Tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) di Bursa Efek Indonesia)
Abstract
Di era digital ini, teknologi berkembang pesat dan berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Termasuk sektor ekonomi yang mendominasi dalam beberapa tahun terakhir, yang disebut e-commerce. Namun, belum diketahui apakah sistem ini memiliki dampak positif pada kinerja bisnis dibandingkan dengan sebelum penerapan e-commerce.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kinerja keuangan antar perusahaan yang masuk dalam Jakarta Islamic Index (JII) di Bursa Efek Indonesia sebelum dan sesudah penerapan e-commerce. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Paired Sample T-test untuk data yang terdistribusi normal. Variabel yang dianalisis terdiri dari profitabilitas rasio yang diproksikan dengan Return On Assets (ROA); rasio likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio (CR); rasio solvabilitas yang diproksikan dengan Debt to Assets Ratio (DAR); dan rasio aktivitas diproksikan dengan Total Assets Turnover (TATO). Berdasarkan hasil penelitian ini, kriteria ROA, CR, DAR dan TATO menunjukkan perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah penerapan e-commerce.
Kata kunci: Kinerja Keuangan, E-Commerce, ROA, CR, DAR, TATO